Hasto: Jadikan Desa Sebagai Orientasi Pengabdian PDI Perjuangan

Kamis, 21 Oktober 2021 – 13:02 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa Ketua Umum PDIP Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan seluruh kader partainya agar bergerak bersama masyarakat desa dan memberikan perhatian terhadap pengembangan potensi desa. 

“Arahan Ibu Ketua Umum, kita (PDIP) menggelorakan suatu kesejatian dari politik untuk turun ke bawah, (dengan) membangun desa," kata Hasto saat membuka webinar “Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata” di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/10). 

BACA JUGA: Sambangi Kantor PDIP Surabaya, Hasto Ikut Berdiskusi Sambil Makan Jajanan Pasar

Hasto menjelaskan bahwa Megawati Soekarnoputri selalu memberi contoh dengan memulai hal-hal sederhana yang terlihat di depan mata, seperti sanitasi, kebersihan desa, ketersediaan air bersih, dan kecukupan gizi.  

“Jadi, ini juga satu hal yang nampaknya sederhana tetapi ini menyelamatkan masa depan,” ungkap politikus asal Yogyakarta itu. 

BACA JUGA: PDIP Dorong Desa Wisata Menjadi Pembangkit Gairah Ekonomi Rakyat

Hasto pun mengajak untuk menjadikan desa sebagai school of life, dan pusat pengembangan peradaban Indonesia.

“Indonesia yang begitu berwarna itu akan terlihat dari seluruh kekayaan yang ada di desa tersebut,” ungkapnya. 

BACA JUGA: PDIP Gelar Festival Pahlawan Desa, Hasto Beber Ilmu di Mustika Rasa

Dia menambahkan desa harus dikembangkan sebagai pusat-pusat wisata.

Orang-orang yang datang menikmati desa, termasuk kuliner yang ada di dalamnya, harus disuguhi beragam kesenian serta seni musik yang ada. 

"Maka, sekali lagi, politik itu memerlukan imajinasi, dan imajinasi dari PDI Perjuangan itu digerakkan oleh semangat ideologi Pancasila yang dibumikan dalam kehidupan masyarakat desa," tambah Hasto. 

Dia mengatakan Indonesia bisa belajar dari negara-negara di Skandinavia dan Tiongkok yang  mampu menjadikan desa sebagai pusat kemajuan yang berdikari. 

"Kita jadikan desa sebagai orientasi pengabdian PDI Perjuangan," kata Hasto. 

Dia menegaskan bahwa apabila desa maju, maka Indonesia akan kuat.

Oleh karena itu, kata dia, dalam setiap wilayah desa sebagai orientasi pengabdian itu, Trisakti harus betul-betul bekerja.

"Berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," ucap Hasto. 

Dia menambahkan desa bisa menjadi tempat yang menarik untuk berbagai penelitian. 

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, kegiatan riset dan inovasi akan menjadikan desa sebagai tempat dilakukannya berbagai penelitian. 

“BRIN dengan demikian akan memfokuskan seluruh kegiatan penelitian yang mendorong Indonesia bangkit dengan percaya pada kekuatan sendiri dengan pilar penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi," ujar Hasto.

Ketua Umum PDIP Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri memantau pelaksanaan webinar dari kediamannya di Jakarta. 

Adapun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi keynote speaker dalam webinar tersebut.  

Narasumber webinar yang hadir secara offline dan online, yakni Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati. (boy/jpnn) 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler