Hasto Sebut 3 Nama Calon Pengganti Azwar Anas

Senin, 08 Januari 2018 – 07:31 WIB
Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDIP dan PKB belum juga memutuskan nama bakal cawagub Jatim setelah Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri.

Padahal, hari ini (8/1) KPU resmi membuka pendaftaran pasangan calon peserta Pilkada 2018.

BACA JUGA: Ssttt, SBY Dapat Info soal Khofifah Minta Mundur dari Mensos

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya masih akan mengkaji sejumlah opsi. Berbekal hasil kunjungan utusan partai ke Surabaya, Sabtu (6/1), keputusan diharapkan bisa segera tercapai.

"Di situlah nanti dewan pimpinan pusat PDIP akan mempertimbangkan," ujarnya di sela-sela deklarasi cagub di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (7/1).

BACA JUGA: Dapat Telepon dari Bu Risma, Azwar Anas Merasa Lebih Kuat

Diaku, pihaknya memang menjadikan Tri Rismaharini sebagai salah satu target utama. Hanya saja, Hasto mengaku tidak mudah membujuk yang bersangkutan.

Bukan karena menolak perintah partai, namun ada janji dan mimpi yang ingin ditunaikan Risma di Kota Surabaya.

BACA JUGA: Khofifah Sambangi Banyuwangi, Ini Harapannya soal Azwar Anas

“Rakyat Surabaya begitu mencintai Bu Risma, kecuali rakyat Surabaya menginginkan (Risma maju Pilgub),” imbuhnya.

Selain nama Risma, Hasto juga menyebut sosok Kanang Kusnadi sebagai salah satu opsi yang dipertimbangkan.

Berbeda dengan pernyataan Minggu lalu, tangan kanan Megawati itu juga menuturkan nama Anas masih bisa ditarik kembali dalam kontestasi. Meski sempat menerima, namun belum ada hitam diatas putih atas persetujuan tersebut.

“Kami masih melihat suasana kebatinan Azwar Anas yang saat ini terus mendapat dukungan dari rakyat. Rakyat Banyuwangi juga berbondong-bondong melihat kinerjanya,” tuturnya.

Apalagi, kata Hasto, ada kemungkinan foto yang disebar adalah hasil rekayasa. Berdasarkan pendapat ahli forensik, foto itu diduga sengaja didesain untuk kepentingan politik.

Dalam foto adegan di mobil dan di kamar misalnya, keberadaan wine yang sudah terbuka dinilai janggal. Diduga, wine tersebut sengaja disematkan untuk menimbulkan kesan sebagai sosok yang nakal.

“Sosok yang lahir dari keluarga nahdiyin, masa minum wine? Itu kan makna dari pesan itu, itulah justru menunjukkan kesalahan di dalam melakukan rekayasa atas foto itu,” terangnya.

Hasto juga merasa sayang, kinerja Anas yang mentereng selama menjadi Bupati Banyuwangi dirusak begitu saja, hanya karena foto rekayasa.

Dengan keberhasilannya menurunkan angka kemiskinan dan peningkatan pendapatan per kapita, semestinya bisa dipromosikan.

Pernyataan senada juga disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Dwi Hartono.

Menurutnya, posisi cawagub Jatim masih sangat cair. Dengan waktu penutupan pendaftaran pada 10 Januari, masih cukup waktu untuk mematangkan.

Bambang menyebut, untuk posisi Jatim, jajarannya tidak kekurangan orang untuk dimajukan. “Semua punya potensi. Kita stok cukup,” ujarnya. (far)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kejanggalan Foto Mirip Azwar Anas Versi Sekjen PDIP


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler