Kematian bayi perempuan yang baru lahir bisa saja disebabkan oleh lepuhan di kulit wajah, yang kemudian membuat sang bayi terkena virus herpes. Seorang ibu di Australia bertekad untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya lepuhan ini, dan untuk menyelamatkan nyawa bayi lainnya.

Sarah Pugh adalah ibu dari bayi malang, Eloise Lampton.

BACA JUGA: Tak Rawat Pasien, Rumah Sakit Ini Bayar Ganti Rugi 800 Ribu Dolar

Beberapa hari setelah bayi Eloise lahir pada awal November, ia dibawa kembali ke rumah sakit Mackay.

BACA JUGA: Semangat dan Pelajaran Hidup Dibalik Penjara Remaja Australia

Ia kemudian diterbangkan ke rumah sakit di Brisbane, tempat di mana ia didiagnosa menderita virus herpes simplex.

Eloise meninggal pada 25 November.

BACA JUGA: Pelaku Pelecehan Seksual Anak Gunakan Sosial Media Jerat Korban

Ibunya, Sarah Pugh, mengatakan, dokter memberitahunya bahwa virus yang didapat dari lepuhan di kulit wajah bisa menyebabkan kematian.

"Saya tak merasa sakit akibat lepuhan di kulit wajah ini dan tak benar-benar pernah menyadarinya, tetapi dokter mengatakan kepada saya bahwa anak saya terkena virus itu pada satu atau dua hari setelah ia lahir," katanya.

Sarah mengatakan,dokter memberitahunya bahwa sang putri harus diberi alat bantu hidup dalam ruang ICU (perawatan intensif).

"Mereka memberitahu resikonya - bahwa ia akan mati dalam beberapa jam atau menempatkan ia pada mesin ini dan mencoba membuatnya lebih baik," tuturnya.

Ia menyambung, "Anda akan melakukan apa saja untuk anak-anak Anda. Tapi kemudian ia akhirnya terkena infeksi bakteri yang menyebabkan kista pada otak, Jadi kami terpaksa tak menggunakan alat bantu itu."

Sarah mengatakan, ia berharap untuk bisa meningkatkan kesadaran akan penyakit ini dan agar masyarakat lainnya ekstra hati-hati dengan bayi mereka, terutama dalam enam bulan pertama kehidupan mereka sebelum mendapatkan vaksinasi.

"Pastikan anda mencuci tangan anda dan merawat kebersihan pribadi Anda, itu adalah wajib dilakukan kalau di sekitar anda ada anak-anak kecil," katanya.

Ia menambahkan, "Penting untuk menumbuhkan kesadaran akan hal ini, karena jujur saja, Eloise adalah anak keempat saya, saya hanya merencanakan untuk berada di rumah sakit selama enam jam dan pulang. Anda tahu, ketika sudah memiliki empat anak, anda semacam teledor karena tiga lainnya begitu sehat, ini sangat tak terduga. "

Kondisi Eloise langka

Direktur Kesehatan Anak dan Remaja di Rumah Sakit ‘Mackay Base’, Michael Williams. Mengatakan, bayi meninggal karena virus herpes adalah kondisi yang sangat langka dan bahwa kasus Eloise Lampton adalah kasus yang sangat sulit untuk dipahami.

"Dalam minggu depan, kami akan meninjau kasusnya untuk mencoba dan lebih memahami," ujarnya.

"Kebanyakan bayi yang mengalami infeksi herpes pada masa awal kelahiran, mendapatkannya melalui proses persalinan, itu hanya sebagian kecil - 1 dari 10 bai penderita terkena setelah lahir," tambahnya.

Meskipun demikian, Dr Michael menuturkan, kemungkinan bayi terkena herpes akibat kontak dengan seseorang yang mengalami radang kulit.

Ia mengungkapkan, ia teringat akan sebuah studi dari beberapa tahun yang lalu, yang berkaitan dengan perawat dan seberapa umum itu memiliki virus tersebut.

"Mereka khawatir apakah bayi bisa terkena virus dari seorang perawat, dan itulah alasan mengapa perawat dengan radang di kulit tidak pernah diizinkan untuk merawat bayi," sambungnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilmuwan Brisbane Temukan Obat Leukemia

Berita Terkait