Hatta Rajasa Writting Competition Berhadiah Beasiswa

Senin, 21 Mei 2012 – 22:40 WIB

JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kali ini dengan membagikan beasiswa kepada siswa SMU/SMK dan mahasiswa. Namun, untuk meraih beasiswa tersebut, para siswa dan mahasiswa diharuskan mengikuti Hatta Rajasa Writting Competition (HRWC) 2012.
      
Penulis yang artikelnya memenuhi syarat tema dan ketentuan yang ditetapkan Pusat Studi Harapan Rakyat (PSHR) sebagai penyelenggara akan mendapatkan beasiswa yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah.
      
Zaenal Arifin dari PSHR menyatakan, tujuan diselenggarakan HRWC untuk  membangun budaya optimis di kalangan generasi muda agar setiap masalah tak selalu dianggap sebagai bencana yang seolah tanpa solusi.
      
“Perlu optimisme dan semangat kreatif dari kaum muda agar masa depan bangsa ini menjadi lebih cerah,” ujar Zaenal, dalam siaran persnya, Senin (21/5).
      
Tujuan yang kedua kata dia adalah memerkuat budaya menulis di kalangan muda. Dimana, kata dia, budaya menulis sekarang ini mulai kurang diminati anak-anak muda. “Padahal sejarah suatu bangsa dapat dibaca salah satunya melalui tulisan,” ujarnya.
     
Rajasa dipilih sebagai judul HRWC, karena PSHR menganggap Hatta memiliki komitmen dalam pengembangan potensi anak-anak muda. Terkait dengan posisinya sebagai Menko Perekonomian, Hatta Rajasa sering melontarkan keinginannya supaya anak-anak muda mampu mewarnai perekonomian Bangsa Indonesia. “Tanpa peran anak-anak muda, niscaya Visi Ekonomi Indonesia tidak akan tercapai,” kata Zaenal.
      
Ketua Penyelenggara HRWC, TS Sutrisno, menyatakan, tema utama yang ditetapkan kali ini “Optimis Menatap Masa Depan Indonesia”.  Menurutnya, tema ini mengandung makna adanya harapan dari para generasi muda terhadap masa depan Bangsa Indonesia. Ditegaskan, para generasi muda inilah nantinya yang akan menentukan arah bangsa. “Sehingga mereka berhak untuk mengusung optimisme,” kata dia.
     
Sutrisno juga menambahkan, dipakainya nama Hatta Rajasa lomba karya tulis ini, karena diharapkan sosoknya mampu menjadi inspirator kalangan muda. Sebagaimana diketahui, belum lama ini Hatta Rajasa mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Inisiator Perubahan dari sebuah koran nasional. Pada November 2011, Hatta juga mendapatkan penghargaan Publik Policy Award dari Asia Society. “Semoga saja ada ilmu yang diambil dari Pak Hatta melalui kompetisi ini,” harap Sutrisno.
      
Panitia penyelenggara menetapkan waktu pengiriman tulisan sejak 15 Mei lalu hingga 15 Juni 2012. Pengumumannya akan dilakukan pada awal Juli nanti. “Lomba ini terbuka untuk seluruh siswa SMU/SMK sederajat dan mahasiswa seluruh Indonesia,” kata Sutrisno. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... FKIP Masih Menjadi Idola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler