Heli Turki Jatuh, 17 Tentara Jadi Korban

Minggu, 11 November 2012 – 10:26 WIB
ANKARA – Insiden kecelakaan kembali terjadi pada helikopter militer Turki. Sebuah helikopter tempur Sikorsy yang membawa 17 tentara Turki Sabtu (10/11) terjatuh di Kota Siirt, sebelah tenggara negara itu, di tengah cuaca buruk. Tak ada personel militer yang selamat dalam insiden tersebut.

"Helikopter kami menabrak sebuah bukit karena kondisi cuaca yang tak menguntungkan. Saat itu, hujan turun amat deras dan ada kabut tebal," tutur Ahmet Aydin, gubernur Provinsi Siirt, seperti dilaporkan Kantor Berita Anatolia kemarin.

Para korban terdiri atas 13 penumpang dan empat kru. Seluruhnya merupakan personel militer Turki.

Ketika itu, helikopter Sirkorsky tersebut menerbangkan tentara Turki menuju Distrik Pervari di dekat Kota Siirt. Di wilayah itu, selama ini personel militer Turki ditempatkan  dalam operasi darat untuk memerangi kelompok aparatis Kurdi. Operasi tersebut telah berlangsung selama tiga hari. Heli itu mengangkut personel baru sebagai tambahan bagi tentara Turki di sana.

Aydin memastikan bahwa kecelakaan heli tersebut tidak terkait dengan operasi tempur di wilayah tersebut. "Insiden itu terjadi sepenuhnya karena faktor cuaca," katanya.

Ini bukan kali pertama heli tempur militer Turki celaka. Bulan lalu, sebuah heli Sikorsky Turki juga terjatuh di Provinsi Diyarbakir, tenggara negara itu, setelah menabrak jaringan listrik. Seorang tentara Turki tewas dan tujuh lainnya terluka dalam insiden tersebut.

Militer Turki biasa menggunakan heli Sirkorsky untuk pengiriman pasukan ke wilayah tenggara. Di kawasan itu, kelompok separatis di bawah Partai Pekerja Kurdi (PKK) berperang untuk mendapatkan otonomi sejak 1984. Sekitar 45 ribu orang, sebagian besar di antaranya etnis Kurdi, tewas dalam pertempuran. Selama ini pemerintah Turki  pun menganggap PKK sebagai organisasi teroris.

Jumat lalu (9/11), kantor gubernur Provinsi Hakkari menyatakan bahwa 42 orang pemberontak tewas dalam operasi militer yang dilancarkan Turki dengan dukungan kekuatan udara.

Sebelumnya, beberapa media Turki juga memberitakan bahwa sejumlah unit militer diterbangkan ke perbatasan di utara Iraq untuk bergabung dalam operasi menumpas para pemberontak Kurdi. Tidak ada laporan korban dalam misi itu. Turki secara berkala melancarkan serangan dengan artileri berat maupun serangan udara untuk menarget PKK di utara Iraq. Namun jarang sekali laporan tentang jatuhnya korban dalam serangan tersebut. (AFP/cak/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Obama Menang berkat Perempuan Lajang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler