Hempaskan Lemak dengan Teh Hijau

Senin, 18 Juni 2018 – 22:54 WIB
Teh hijau. Foto: Health

jpnn.com - Hidangan yang nikmat saat hari Raya, terkadang membuat orang lupa akan diet yang sedang dijalani.

Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Campuran Teh Hijau dan Lemon Bisa Atasi Kulit Berminyak

Salah satunya dengan olahraga dan konsumsi teh hijau non gula setiap hari, seperti dlansir dari Women's health, Senin (18/6).

Mengonsumsi teh hijau secara rutin tiap harinya ternyata mampu menurunkan berat badan secara perlahan.

BACA JUGA: Teh Hijau Efektif Atasi Karies Gigi?

Menurut Melissa Majumdar, R.D., seorang ahli diet, penurunan berat badan karena teh hijau akan berpengaruh pada metabolisme.

Khususnya karena kandungan katekinnya (sejenis antioksidan, juga dikenal sebagai EGCG) dan kafein.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Luar Biasa Teh Hijau untuk Kesehatan Anda

"Kafein dan teh hijau gabungan menunjukkan peningkatan oksidasi lemak. Itu berarti meningkatkan energi atau metabolisme yaitu jumlah kalori yang Anda bakar," kata Majumdar.

Satu studi kecil 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menemukan bahwa minuman teh hijau yang cocok dapat meningkatkan oksidasi lemak. 

Bahkan, meta-analisis di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Cochrane Review ditemukan kalau teh hijau menyebabkan penurunan berat badan yang cukup siginifikan secara statistik pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Pada dasarnya, kedua studi ini mengatakan minuman teh hijau mungkin membantu Anda menurunkan sedikit berat badan. Sedangkan, waktu terbaik mengonsumsi teh hijau yakni tidak lebih dari enam bulan. Jika tidak, teh akan kehilangan kandungan antioksidannya.

Selain itu, perlu juga diperhatikan asupan kafein. Secangkir teh hijau memiliki sekitar 25 miligram kafein. Namun, FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 400 miligram kafein per hari.

Sehingga, jika ingin minuman sehat yang bisa menurunkan berat badan, maka teh hijau bisa menjadi alternatif. Tentu diimbangi dengan olahraga yang teratur. (fid/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Efektifkah Minum Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Teh Hijau  

Terpopuler