Hepatitis Akut Mulai Mewabah, Komisi IX Minta Kemenkes Gerak Cepat

Jumat, 06 Mei 2022 – 15:04 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk bergerak cepat terkait wabah hepatitis akut. Ilustrasi laboratorium: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk bergerak cepat terkait wabah hepatitis akut.

Dia menyebutkan pemerintah harus segera memetakan penyebaran wabah tersebut.

"Harus dilihat dulu sejauh mana penyebaran hepatitis akut ini. Apakah berupa endemi, bisa jadi saja misalnya di satu wilayah gitu," kata Irma Suryani Chaniago kepada JPNN.com, Jumat (6/5).

Wanita yang akrab disapa Uni Irma itu menyebutkan gerak cepat perlu dilakukan agar wabah tersebut tidak menyebar ke daerah lain.

"Pemerintah melalui menkes harus turun dicek dimana saja dan apa yg terjadi apa penyebab hepatitis akut ini, hepatitis itu juga menular," lanjutnya.

Dia menjelaskan hingga saat ini belum ada data resmi dari Kemenkes terkait hal itu sehingga belum bisa memberikan informasi secara lengkap kepada masyarakat.

"Sampai hari ini Komisi IX memang sudah mendengar kemarin bahwa ada hepatitis akut, tetapi informasi detail dari pemerintah maupun Menkes itu belum jelas," jelas Politikus NasDem itu.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menindaklanjuti kasus hepatitis akut misterius yang mengakibatkan tiga anak meninggal dunia.

Tiga pasien anak tersebut dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo dan diduga mengidap hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya.

Untuk itu, Kemenkes dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko terhadap tiga kasus tersebut.

“Berdasarkan hasil investigasi kontak terhadap kasus yang meninggal dunia, ketiganya datang ke fasilitas kesehatan pada kondisi stadium lanjut sehingga hanya memberikan sedikit waktu bagi tenaga kesehatan untuk melakukan tindakan pertolongan," kata Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi pada konferensi pers, Kamis (5/5).(mcr8/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA JUGA: Soal Kasus Hepatitis Akut Bergejala Berat pada Anak, Khofifah Minta Warga Tidak Panik


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler