Herman Deru Libatkan Semua Stakeholder, Dorong UMKM Lokal Naik Kelas Hingga Mendunia

Minggu, 14 Mei 2023 – 09:07 WIB
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru saat memberikan sambutan pada pembukaan UMKM Expo 2023 di halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (13/5) petang. Foto: Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Pemerintah Sumatra Selatan (Sumsel) mengatakan keberadaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus didoorong agar bisa memberikan nilai positif terhadap keberlangsungan ekonomi.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru saat memberikan sambutan pada pembukaan UMKM Expo 2023 di halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel, Sabtu (13/5) petang.

"UMKM terbukti menjadi pemicu tumbuhnya sektor ekonomi dan menjadi penunjang bagi penurunan angka kemiskinan," ucap Gubernur Sumsel Herman Deru.

BACA JUGA: Lantik PPIH, Herman Deru: Berikan Pendampingan Kepada Jemaah Haji

Menurut dia, agar produk UMKM tetap eksis tentu dibutuhkan dorongan dari semua pemangku kepentingan.

Dia mengatakan seluruh pemangku kepentingan harus mengenalkan produk UMKM agar dikenal tidak hanya pasar lokal, tetapi bisa naik kelas hingga ke level global. 

BACA JUGA: Herman Deru Dorong Distribusi BBM untuk Alsintan Lancar

"Agar UMKM dapat naik kelas tidak hanya di pasar lokal dan nasional tetapi juga kami harapkan dapat mendunia," katanya.

Herman Deru mengajak semua jajaran di Pemprov Sumsel, institusi swasta, atau pun perorangan agar dapat menjadi pahlawan UMKM mulai dari hulu hingga hilirnya.

BACA JUGA: Sumsel Tuan Rumah Olimpiade ke-1 PGRI, Gubernur Herman Deru Beri Pesan Begini

Sebab, lanjut dia, tanpa bantuan pemangku kepentingan, sulit bagi pelaku UMKM untuk dapat bekembang dengan pesat. 

"Maindset masyarakat sedikit demi sedikit sudah mulai berubah, yang sebelumnya dari konsumen menjadi produsen dari produk-produk tertentu," paparnya.

Produk-produk UMKM masyarakat, lanjut Herman Deru, berupa aksesoris, makanan, hingga alat-alat konstruksi yang perlu terus dibina dan didorong kualitasnya agar mampu bersaing dengan produk luar.

"Produk-produk itu tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Karena itu kami dorong agar bisa masuk ke dalam e-katalog," imbuhnya.

Dia mengucapkan apresiasi kepada panitia serta segenap jajaran DPRD Sumsel yang memfasilitasi tempat digelarnya Expo kali ini. 

"Terima kasih atas digelarnya expo ini, di mana tempat ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh seluruh pengunjung," tandasnya. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Herman Deru: Data BPS jadi Navigator dalam Menentukan Kebijakan Publik


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler