Hey! Ini Kebiasaan yang Bikin Rusak Gigi Kamu

Selasa, 31 Mei 2016 – 06:00 WIB
Ilustrasi. Foto:pojoksatu.id

Kadang terbiasa melakukan sesuatu yang menyenangkan dan dikira efektif ternyata malah menimbulkan masalah pada gigi Anda. Efeknya mungkin tidak dalam jangka pendek, tapi di jangka panjang kekuatan gigi Anda terancam. Banyak kegiatan yang akan merusak putih cemerlang gigi Anda.
Apa saja hal dan kebiasaan yang bisa merusak gigi tersebut? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Care2:

1. Piercings lidah

Tindikan di lidah bisa meningkatkan risiko penyakit gusi. Piercing tidak hanya bisa melukai gusi melalui kontak langsung, tetapi bisa menghilangkan jaringan gusi. Ini yang menyebabkan gigi longgar dan mudah lepas.

Pernak-pernik bibir ini sama berisiko. Dan karena mulut adalah lingkungan bakteri maka pernak-pernik ini bisa berkontribusi terhadap infeksi dan luka.

2. Obat tetes pereda batuk

Obat bisa menenangkan tenggorokan dan mengurangi dorongan untuk batuk, tapi mereka juga mengandung gula. Gula bereaksi dengan plak lengket yang melapisi gigi Anda. Bakteri dalam plak mengubah gula menjadi asam yang menggerogoti enamel gigi.

3. Teeth grinding

Biasanya akibat dari stres atau pola tidur yang buruk. Kebiasaan buruk ini bisa merusak bawah enamel yang melindungi gigi Anda. Mengenakan penjaga mulut di malam hari setidaknya bisa membatasi kerusakan saat Anda tidur. Beberapa orang telah menggunakan permen karet untuk menjaga mulut mereka sibuk.

4. Soda dan minuman buah

Kebanyakan soda dan minuman buah (juice) biasanya mengandung gula. Banyak soda dan minuman buah (termasuk minuman diet bebas gula) juga mengandung asam fosfat, asam sitrat dan asam tartarat yang bisa merusak gigi.

5. Red & White Wines

Seperti tercantum dalam edisi terbaru Health, anggur merah mengandung chromogens yang bisa menghitamkan pigmen gigi. Termasuk tanin dalam anggur merah bisa mengeringkan mulut Anda dan membuat gigi lengket yang menambah daya pewarnaan anggur ini. Anggur putih juga bisa menodai gigi, karena mengandung asam erosi yang memungkinkan noda dari makanan atau minuman lain untuk masuk lebih dalam ke gigi Anda.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Ini yang Membuat Seseorang Tampak Menyeramkan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menpar Arief Yahya Gandeng HKBP Bangun Danau Toba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler