l

Tapi itu tidak menghalangi seorang pencuri mencuri 700 domba, senilai hampir A$140.000 (sekitar Rp1,4 miliar), dari sebuah peternakan di Logan, di pusat negara bagian Victoria awal tahun ini.

BACA JUGA: Hakim Menguatkan Putusan Hukuman Mati Dalam Sidang Banding Ferdy Sambo

Jadi bagaimana mereka mengatur siasat perampokan sebesar itu, yang mungkin melibatkan beberapa truk dan orang dalam, bisa lolos begitu saja tanpa ketahuan?

"Perampokan itu harus direncanakan dengan sangat matang," kata Polisi Dan O'Bree kepada Radio Nasional ABC.

BACA JUGA: Sepatu Michael Jordan di Final NBA Tahun 1998 Terjual Rp 33 Miliar

"Itu pasti dilakukan oleh seseorang yang tahu cara menangani domba. Mereka harus punya anjing yang terlatih... dan peralatan yang bagus," katanya.

O'Bree adalah Polisi Senior Polisi Victoria yang menyelidiki kasus tersebut. Dia mengatakan peternak itu memiliki sekitar 1.800 domba, tetapi dia tidak menyadari 700 ekor di antaranya hilang sampai ketika dia mengumpulkan semua ternaknya untuk dicukur pada bulan Januari.

BACA JUGA: Dulunya Salah Satu Negara Terkaya di Dunia, Argentina Kini Mengalami Inflasi 100 Persen

"Lahan pertaniannya berupa area yang luas dan pemiliknya tidak dapat mengawasi seluruh tempat sepanjang waktu ... Beberapa pencuri sangat oportunistik - keluar-masuk dan pergi sebelum Anda tahu," katanya.Banyak pencurian yang tak dilaporkan

Menurut angka kepolisian negara bagian New South Wales (NSW) yang beribu kota di Sydney, rata-rata 16.700 domba dan 1.800 sapi dicuri setiap tahun di NSW antara 2015 dan 2020.

Pricewaterhouse Coopers memperkirakan rata-rata 31.000 ternak dicuri per tahun di seluruh Australia senilai rata-rata A$50 juta.

Tetapi kejahatan seperti ini bisa menjadi kasus yang rumit karena sulit untuk menentukan dengan tepat kapan kejahatan itu terjadi, mengingat hewan sering kali tidak dikumpulkan menjadi satu selama berbulan-bulan.

Petani sering tidak melaporkan pencurian semacam ini karena mereka tidak yakin pencuri akan tertangkap, kata Polisi O'Bree.

Dr Kyle Mulrooney, salah satu direktur Pusat Kriminologi Pedesaan di University of New England (UNE), menyadari keengganan tersebut. Ini terlepas dari tingginya prevalensi kejahatan di sektor pertanian.

Selama dua dekade terakhir, pusat tersebut telah meneliti kejahatan yang menargetkan properti pedesaan.

Mereka menemukan bahwa sekitar 80 persen petani NSW yang disurvei menegaskan bahwa mereka telah menjadi korban kejahatan pertanian.

Dan 40 persen melaporkan bahwa ternak mereka dicuri dari properti mereka.

"Para petani sangat sadar akan lingkungan tempat mereka beroperasi. Mereka memahami keterbatasan polisi," kata Dr Mulrooney.

"Mereka mungkin tidak terlalu sering memeriksa stok mereka, misalnya, jadi mereka harus memberikan informasi yang cukup luas kepada polisi kapan peristiwa pencurian ini [mungkin] terjadi."Facebook untuk sapi

Teknologi baru dapat membantu memecahkan atau mencegah jenis kejahatan ini di masa depan, kata Dr Mulrooney.

Baru-baru ini universitas bereksperimen dengan tag telinga hewan dengan pelacak GPS.

Tag ini memiliki sejumlah fungsi: yang pertama mengumpulkan data akselerometer, yang melacak pergerakan hewan. Fungsi lainnya adalah menyediakan data lokasi, menggunakan satelit orbit rendah.

"Misalnya, jika pelaku sedang menggembalakan ternak, Anda akan mendapat notifikasi tentang aktivitas pergerakan tinggi yang seharusnya mendorong petani untuk bertindak dan memanggil polisi," kata Dr Mulrooney.

"[Fungsi] lainnya adalah Anda dapat menetapkan batas di lahan Anda. Jadi jika ternak melanggar batas itu, apakah karena tersesat atau benar-benar dicuri orang, Anda akan mendapat peringatan yang memberi tahu bahwa ternak Anda telah melewati batas lahan."

Dia mengatakan polisi dapat menggunakan data GPS itu untuk segera melacak hewan.

Karena suksesnya uji coba sejauh ini, Ceres Tag, perusahaan di balik alat tersebut, telah merambah pasar internasional.

Teknologi ini saat ini digunakan di peternakan di Kanada dan Amerika Serikat, selain di Australia.

Bentuk teknologi baru lainnya yang dapat membantu mengatasi pencurian peternakan adalah pengenalan wajah untuk sapi, berdasarkan penelitian UNE yang disebut Stoktake.

Dr Mulrooney menggambarkannya sebagai "versi Facebook untuk ternak", menjelaskan bagaimana teknologi AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi sapi individu.

"Ini akan melacak dan mengenali variasi kecil pada moncong sapi," kata Dr Mulrooney.

"Hidung sapi sangat spesifik dan unik seperti sidik jari manusia. Jadi, kamera ini dapat menangkap kekhasan itu dan membedakan satu sapi dengan sapi lainnya."

Jenis teknologi AI berbasis citra ini saat ini sedang diujicobakan dengan sebuah aplikasi.

Dr Mulrooney mengatakan itu bisa digunakan untuk hewan ternak lainnya, seperti dalam penyelidikan pencurian domba di Logan.

"Jadi ketika 700 domba ini muncul di sisi lain Australia, jika Anda menerapkan teknologi ini, Anda akan dapat mengenali bahwa, hei, domba betina itu bukan berasal dari sini. Itu sebenarnya dari Victoria. Dan kami tahu persis di mana itu," katanya.

"Ini adalah jenis pengenalan wajah yang sama yang Anda lakukan di bandara namun [yang] diterapkan pada sapi dalam pencegahan kejahatan."'Mencegah lebih baik daripada mengobati'

Kepala Detektif Inspektur Cameron Whiteside adalah bagian dari tim pencegahan kejahatan pedesaan New South Wales.

Dia menyelidiki berbagai kejahatan terkait pertanian selama bertahun-tahun, termasuk pencurian senjata api, pencurian tiram, pencurian sarang lebah – apa pun yang berdampak pada pertanian.

Dia sangat mendorong mereka yang tinggal di lingkungan pedesaan untuk menganalisa lahan pertanian mereka dari kacamata pelaku.

"Apa yang akan Anda curi? Kapan Anda akan melakukannya? Bagaimana Anda akan memasuki properti itu? Dan itulah poin pertama dari bagaimana cara melindungi properti Anda. Jadi mencegah jauh lebih baik daripada mengobati." 

Dia ingat seorang petani yang menghadiri salah satu pelatihannya, yang kemudian harus menggunakan keterampilan yang baru diperolehnya untuk digunakan keesokan harinya.

"Salah satu petani itu menjadi korban kejahatan di mana seseorang memotong pagar dan mencuri mesin dieselnya," kata Detektif Whiteside.

"Kami akhirnya menggunakan bukti forensik dari mesin dan melacak pelaku."

Dan sementara Detektif Whiteside ingin melihat lebih banyak orang diseret ke pengadilan untuk kejahatan terkait pertanian, dia lebih suka mencegahnya – baik itu dengan pengetahuan atau teknologi AI yang baru muncul – sejak awal.

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari laporan ABC News. 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muncul Bukti Baru Orang Aborigin Pernah Bermukim dan Memiliki Keluarga di Makassar

Berita Terkait