Hidup Sehat dengan Sering ke Pantai

Rabu, 03 Juli 2013 – 22:55 WIB
Pantai Kuta di Bali. Foto: Telegraph
BANYAK orang menganggap laut sebagai ancaman bagi manusia karena bisa mendatangkan badai, banjir maupun polusi. Tapi, penelitian di Universitas Exeter di Inggris menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di laut memiliki efek positif bagi kesehatan.

Himbauan untuk berada di dekat pantai agar membuat seseorang merasa sehat bukanlah hal baru. Kiat sehat dengan perjalanan ke pantai atau mengunjungi klinik spesial yang menawarkan terapi air laut sudah sejak abad ke-18.

Tapi, baru akhir-akhir ini para ilmuwan memulai penelitian tentang manfaat kesehatan laut. Melalui proyek penelitian bertajuk  “Blue Gym” itu para peneliti di Exeter berupaya mempelajari pemanfaatan air laut untuk mendukung kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Dalam eksperimen itu, para partisipan penelitian ditunjukkan dengan foto bergambar laut, kota-kota dan lapangan hijau, sekaligus pertanyaan tentang kesediaan mereka membayar kamar hotel dengan pemandangan itu. Hasilnya, mereka bersedia membayar lebih untuk kamar hotel dengan pemandangan laut. “Ketika seseorang berada di pantai, dia pasti akan merasa santai dan rileks,” kata peneliti dan psikolog lingkungan di Exeter, Matthew White.

White dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa orang-orang yang hidup dekat pantai memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik dan lebih bahagia. Hal itu disebabkan oleh lingkungan pinggir pantai dapat mengurangi stress dan mendukung orang untuk melakukan gerakan fisik.

"Penemuan ini pada akhirnya bisa membantu kami menciptakan bentuk terapi berdasarkan paparan laut," pungkas Lora Fleming, epidemiologis yang terlibat dalam proyek penelitian itu.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Virus Baru Yang Lebih Berbahaya Dari SARS Menyebar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler