Hindari 5 Penyebab Munculnya Jerawat

Selasa, 04 Februari 2020 – 01:50 WIB
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Jerawat bisa muncul karena adanya sumbatan pada folikel rambut yang ada di wajah. Sumbatan dapat disebabkan oleh minyak atau sel kulit itu sendiri.

Ketika ada sumbatan, terjadilah peradangan yang memicu terjadinya infeksi bakteri.

BACA JUGA: 4 Rangkaian Skincare Pagi Yang Tidak Boleh Dilewatkan Untuk Bekas Jerawat

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak.

Misalnya, di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung.

BACA JUGA: 12 Kiat Mudah Bebas Dari Jerawat

Anda yang mengalami jerawat dapat dirasakan seperti sensasi panas atau terbakar akibat adanya peradangan. Beberapa orang juga mengeluhkan rasa gatal di benjolan jerawat.

Terdapat beberapa faktor penyebab jerawat, yaitu sebagai berikut ini.

BACA JUGA: Cek di Sini, Ini 5 Kondisi Jerawat yang Perlu Penanganan Dokter

1. Perubahan hormon

Ini adalah hal yang paling sering menimbulkan jerawat di usia remaja. Pada masa pubertas, hormon androgen akan meningkat, baik pada pria maupun wanita.

Hal ini memicu meningkatnya produksi sebum atau minyak pada wajah. Selain saat pubertas, perubahan hormon pada ibu hamil dan penggunaan pil KB yang mengandung hormon juga dapat menimbulkan jerawat pada wajah.

2. Konsumsi obat tertentu

Mengalami penyakit yang mengharuskan Anda mengonsumsi obat tertentu dalam jangka panjang dapat memicu timbulnya jerawat. Contohnya,  steroid atau hormon testosteron.

3. Pilihan makanan yang dikonsumsi

Jenis makanan yang dipilih untuk dikonsumsi setiap hari sangat memengaruhi kondisi kulit seseorang. Jika sering mengonsumsi asupan susu atau tinggi karbohidrat, Anda berisiko alami wajah berjerawat.

Selain itu, berdasarkan penelitian, konsumsi cokelat juga dapat memperberat kondisi kulit yang berjerawat.

4. Stres

Berdasarkan penelitian medis, stres dalam jangka panjang dapat memicu perubahan hormon, seperti kortisol, yang dapat meningkatkan produksi minyak. Jika bercampur dengan sel kulit mati, dapat menimbulkan jerawat dan tidak jarang menimbulkan infeksi bakteri.

5. Tidak menjaga kebersihan wajah

Tidak rutin membersihkan menyebabkan tumpukan minyak dan kotoran di wajah. Tak heran, terjadi sumbatan pada pori-pori wajah yang dapat memicu timbulnya jerawat.(Klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler