Hingga H+10 Lebaran, Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 1.700.205 Orang

Selasa, 18 Juni 2019 – 09:52 WIB
Mudik gratis dengan menggunakan kapal. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - Kenaikan jumlah penumpang pada angkutan laut H+10 Lebaran 2019 mencapai 1.700.205 orang atau meningkat 9,23 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 1.556.408 orang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Capt. Wisnu Handoko menyampaikan posko angkutan laut Lebaran yang masih bekerja hingga H+15, terus melakukan monitoring penyelenggaraan angkutan laut Lebaran 2019.

BACA JUGA: Kemenhub Intensifkan Penggunaan Angkutan Massal

"Pelabuhan Batam masih tertinggi yakni mencapak 244.709 per hari ini (17/6)," ujar Capt. Wisnu di Jakarta.

Posisi kedua terbanyak di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun 206.423 orang disusul oleh Tanjung Pinang 116.384 orang, Tanjung Buton 77.896 dan Ternate 76.002 orang.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Koordinasi Tim Angkutan Lebaran Damri 2019 Berjalan Baik

Capt. Wisnu mengemukakan, dari laporan Pokso diperoleh data bahwa beberapa perairan kemarin (16/6) dalam keadaan normal dan baik.

Posko juga mencatat tidak ada kejadian yang signifikan terjadi dan seluruh pelayaran aman, selamat dan terkendali.

BACA JUGA: Ratusan Orang Mudik Gratis Bersama PKB, Ada Pesan dari Cak Imin

Kepala KSOP Kelas II Gresik, Totok Mukarto mengatakan bahwa apresiasi tersebut merupakan wujud pelayanan KSOP Gresik yang bekerja dengan hati dan menjadi tantangan untuk terus meningkatkan layanan dan keselamatan transportasi laut.

"Kami berterimakasih pada KNKT dan memicu untuk terus berbuat lebih baik lagi," kata Totok.

Pada kesempatan itu, bersama timnya, KNKT  juga melakukan pengecekan terhadap posko angkutan Lebaran (Angleb) dan memeriksa alat keselamatan di atas kapal KM Natuna Express yang sedang sandar.

Pelabuhan Gresik merupakan salah satu dari 51 pelabuhan pantau di Indonesia. Arus mudik dan arus balik dari Gresik menuju Bawean atau sebaliknya terpantau aman dan lancar pada tahun ini.

"Alhamdulillah tidak ada kejadian kecelakaan atau musibah pelayaran yang terjadi maupun penumpukan penumpang seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya.

Totok menyebutkan, Posko angkutan Lebaran di Pelabuhan Gresik terus beroperasi untuk melakukan pengawasan dan pemantauan angkutan laut Lebaran hingga 21 Juni 2019.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Stasiun Gambir Sediakan KA Tambahan Hingga H+10


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler