Hmm..Manuver Cak Imin Ini Sangat Menarik untuk Disimak

Selasa, 20 Maret 2018 – 22:03 WIB
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe melihat sampai saat ini partai politik pendukung Joko Widodo masih cukup solid.

Menurut Ramses, soliditas dapat dibaca dari langkah parpol yang telah mendeklarasikan dukungan pada mantan Wali Kota Surakarta tersebut sejak beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Sepertinya Jokowi Lebih Suka Profesional ketimbang Kader

"Cara melihatnya sederhana, parpol-parpol itu kan sudah mendeklarasikan dukungan pada Jokowi. Kemudian para kader partai juga sepertinya menunjukkan kesetiaan pada ketua-ketua umum yang ada. Tak ada kader yang protes dengan deklarasi yang telah dilakukan," ujar Ramses kepada JPNN, Selasa (20/3).

Pengajar di Universitas Mercu Buana ini mengamini, sejumlah ketua umum partai terkesan ingin maju sebagai cawapres Jokowi.
Namun, menurutnya hal tersebut sangat lumrah dalam politik. Apalagi jika merasa partainya cukup berpengaruh dan ketua umumnya juga memiliki elektabilitas yang cukup baik.

BACA JUGA: Asal Bagi-Baginya Adil, Pak Jokowi Tak Perlu Khawatir

Ramses meyakini keinginan parpol mengusung kader sebagai cawapres Jokowi tidak akan menganggu soliditas parpol pengusung nantinya.

Saat ditanya bagaimana dengan PKB, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini mengakui langkah partai yang didirikan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid tersebut cukup menarik untuk disimak.

BACA JUGA: Koalisi Petani Pasundan Merasa Sehati dengan Cak Imin

Pasalnya, di satu sisi PKB belum menyatakan dukungan ke Jokowi, tapi di sisi lain telah memberi sinyal mendorong pria yang akrab disapa Cak Imin sebagai cawapres.

"Manuver Cak Imin ini menarik sekali, tapi sepertinya publik masih meyakini meski dia tak jadi cawapres, tetap mendukung Jokowi. Tapi kita lihat saja dinamika politik ke depannya seperti apa," pungkas Ramses. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Harus Bisa Meyakinkan Parpol Pengusung


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler