Horeee... Dana Desa Sudah Bisa Dicairkan Asal Ada Kegiatan

Rabu, 03 Januari 2018 – 19:49 WIB
Baliho Dana Desa Pohu Kecamatan Rante Angin, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Foto: Kendari Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa sekitar 20 persen anggaran dana desa sudah bisa dicairkan pada awal tahun ini. Jokowi -panggilan Presiden Joko Widodo- menyatakan itu dalam rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/1) guna membahas program dan kegiatan 2018.

"Saya juga mendapat laporan dari menkeu bahwa anggaran desa sebesar 20 persen sudah bisa dicairkan bulan Januari ini dan seharusnya dana desa bisa segera dieskekusi untuk mendukung program-program cash for work," ucapnya.

BACA JUGA: Sepertinya Jokowi Tak Akan Suka Ketua DPR Terlalu Dekat JK

Jokowi dalam forum itu menegaskan bahwa fokus kerja pemerintahannya pada 2018 adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta mengatasi ketimpangan dan kemiskinan. Karena itu Jokowi juga mewanti-wanti tentang pentingnya pengendalian angka inflasi, menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan pokok dengan segera menjalankan progam beras sejahtera (rastra), serta program pangan nontunai.

Menteri Keuangan Sri Mulyadi usai rapat tersebut menyampaikan bahwa Presiden Jokowi memang meminta supaya program cash for work bisa jalan secepatnya. Dengan demikian pada Januari ini sudah ada kegiatan yang dibiayai dana desa.

BACA JUGA: Badan Siber Bakal Ikut Mengawasi Pilkada Serentak 2018

"Selama ini mekanismenya 60 persen langsung dibayar melalui APBD pada April, sekarang kita bagi Januari yang 20 persen. Sehingga tidak ada alasan Januari tidak ada aktivitas karena tidak ada uang, yang 40 persen tetap April, yang sisanya tetap," jelas Sri Mulyani.(fat/jpnn)

 

BACA JUGA: Rakyat Makin Puas pada Kinerja Jokowi, Bang Ara Ikut Happy

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi Tunjuk Kepala Lemsaneg untuk Pimpin Badan Siber


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler