Hujan Ancam GP Singapura

Jumat, 24 September 2010 – 09:39 WIB
SINGAPURA - Sejak digelarnya F1 Singapura tahun 2008 lalu, kondisi sirkuit selalu berada dalam temperatur yang cukup normal dan keringNamun pada musim F1 2010 ini, sepertinya akan sedikit berbeda, karena diprediksikan akan turun hujan lebat disertai petir

BACA JUGA: Timnas Panggil Lagi Boaz

Hal itu jelas akan mempersulit tim dan para pembalap untuk menentukan strategi.

Musim hujan tahun ini memang melanda kawasan tropis Asia, sehingga membuat sebagian besar kawasan Asia Tenggara masih diguyur hujan
Guyuran hujan saat balapan tersebut akan sangat menyulitkan penglihatan para pembalap

BACA JUGA: Beckham Marah Dituding Selingkuh

Penyebabnya, refleksi cahaya dari air hujan yang membasahi lintasan, akan cukup mengganggu penglihatan.

Kemungkinan paling buruk adalah balapan akan dihentikan, jika memang kondisi lintasan memburuk selama balapan berlangsung
Apalagi jika banyak insiden terjadi, steward lomba tentu tak mau mengambil resiko lebih besar lagi, yang bisa mengorbankan keamanan para pembalap.

Setidaknya, kekhawatiran tersebut sudah ada di benak para pembalap

BACA JUGA: Gibbs Korban Kedelapan Arsenal

Pembalap Mercedes GP, Nico Rosberg, mengakui bahwa ia jelas sangat khawatir dengan prediksi cuaca di akhir pekan nanti"Akan lebih menarik jika hujan, tapi saya harap itu tak terjadi karena semua akan kacau," ungkap pembalap Jerman itu.

Hal yang sama diungkapkan Ruben BarrichelloPembalap paling berpengalaman di F1 itu mengatakan, jika hujan terjadi di Singapura saat balapan, para pembalap akan memperoleh pengalaman baruTak sekadar balapan malam, tapi juga menghadapi kesulitan tambahan berupa trek yang basah.

"Saya tak pernah membalap dalam kondisi hujan saat balapan malamSaya tak tahu harus berkata apaKita lihat dan tunggu saja," tutur pembalap Brazil itu.

"Kami belum pernah merasakan pengalaman meluncur di lintasan dengan pantulan cahayaAkan menarik jika itu terjadi," sahut Sebastian Vettel, pembalap Red Bull-Renault.

Tanda-tanda terjadinya hujan sebenarnya sudah diperlihatkan langit Singapura dalam dua hari terakhirDi hari Rabu (22/9), hujan deras mengguyur Sirkuit Marina Bay dan sekitarnyaBahkan, kemarin hujan disertai petir yang mengindikasikan badai ringan di Singapura.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi yang dirilis oleh penyelenggara F1, mengenai prediksi kondisi cuaca dan solusi yang bakal mereka lakukan nantinya jika itu memang terjadi"Hujan Rabu sangat deras, hingga lintasan seperti sungai dan ban tak akan mampu mengatasinyaDi siang hari, kita bisa melihat lintasan saat terjadi hujanTapi di sini, cahaya mengisi lintasan dan sekitarnya gelapJadi itu akan sangat menantang bagi ketajaman penglihatan pembalap," tutur Sir Jackie Stewart, pengamat gaek F1.

Masalah lain datang pada sistem saluran air di Sirkuit Marina BayKarena sejak 2008 tak ada balapan saat hujan, saluran air saat lomba berlangsung belum mendapatkan ujianMeski pengelola sirkuit berkoar telah bersiap untuk segala kemungkinan, perkiraan cuaca masih belum bisa menjawab semuanya(ady/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Zidane Hadiri Pertemuan Pengentasan Kemiskinan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler