Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Melanda Sebagian Wilayah Indonesia, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 – 07:10 WIB
BMKG minta warga waspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia pada Jumat (20/1).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca di Riau 19 Januari 2023, Simak Penjelasan BMKG

Kemudian, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Lalu, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

BACA JUGA: Sejumlah Wilayah Diminta Waspada, Ada Potensi Hujan Lebat Hingga Banjir

BMKG memprakirakan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek masih dapat terjadi hingga Februari mendatang.

"Saat ini ada beberapa faktor dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi peningkatan hujan di wilayah Jabodetabek untuk sepekan ke depan," ujar Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Jakarta 17 Januari 2023, Jaksel dan Jaktim Diguyur Hujan Deras

Dia mengemukakan faktor pemicunya antara lain aktifnya Gelombang Kelvin di sekitar wilayah Indonesia selatan ekuator.

Kemudiam MJO (Madden Jullian Oscillation) yang diprediksikan mulai aktif kembali di sekitar Samudra Hindia barat Sumatera dalam periode akhir Januari.

"Adanya pola-pola konvergensi (perlambatan angin) di Jawa bagian barat yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di sekitarnya," papar dia.

Sepekan ke depan atau periode 19-25 Januari 2023, Guswanto menyampaikan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jabodetabek terutama pada kisaran periode siang-sore hari masih harus diwaspadai. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prakiraan Cuaca Hari Ini di Sejumlah Kota, BMKG Minta Hati-Hati


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler