Hujan Pujian untuk Grand Prix Singapura

Ancam Kalahkan Gengsi Monaco

Senin, 29 September 2008 – 13:09 WIB
SINGAPURA - Lomba pertama di jalanan Marina Bay, Singapura, tadi malam berlangsung spektakulerSuasana hidup, balapan pun seru penuh aksi

BACA JUGA: Jason Williams Putuskan Pensiun

Tak heran bila banyak orang penting di Formula 1 menganggap Grand Prix Singapura berpotensi menjadi lomba paling bergengsi


Termasuk, mengalahkan gengsi GP Monaco, yang selama puluhan tahun menjadi tontonan paling ditunggu penggemar F1!

''Lomba ini punya peluang besar menantang Monaco menjadi balapan F1 paling bergengsi,'' kata Frank Williams, bos Williams-Toyota, sebelum lomba tadi malam

BACA JUGA: Duo Manchester Berebut Benzema

''Itu komentar yang sangat akurat
Di sini cuacanya baik, lintasannya baik, dan tribun penuh

BACA JUGA: Pensiun Setahun Lagi

Di sini ada banyak antusiasme,'' lanjutnya sebagaimana dilansir Autosport.

Kalau Ron Dennis, bos McLaren-Mercedes, tidak segamblang itu dalam menggambarkan dahsyatnya GP SingapuraPria yang dikenal paling rapi jali di F1 itu menyebut balapan malam ini punya dampak besar untuk masa depan seri paling bergengsi tersebut.

Dengan sukses Singapura, kata Dennis, sekarang semua lomba bisa disesuaikan jamnya untuk meningkatkan eksposure dan -kemudian- pemasukan F1 dan tim-tim pesertanya.

''Kita bisa menerapkannya di mana pun di duniaAntara menyesuaikan jamnya dengan waktu paling ditonton di Eropa, atau yang di Eropa pun diubah supaya lebih spektakuler lagi,'' paparnya''Sekarang akan ada analisis, untuk menentukan kapan paling enak menonton grand prix di televisiLomba (di Singapura) ini akan menentukan tren baru,'' tegasnya.

Komentar Dennis itu didukung rekan kerjanya, bos Mercedes-Benz Motorsport Norbert Haug''Seandainya (GP Singapura) diselenggarakan pukul 2 siang, maka itu adalah pukul 8 pagi di Jerman, dan bakal ditonton rata-rata tiga juta orang(Kalau malam seperti ini) berarti siang di Jerman, dan kita mendapatkan sedikitnya tujuh juta pemirsa (di Jerman),'' ungkapnya.

Itu hanya di JermanBelum di negara-negara Eropa lainKarena itu, Haug menegaskan, lomba malam yang supermahal tersebut tetap banyak gunanya untuk promosi Singapura.

Apalagi, lanjut Haug, sirkuitnya menantang dan tampilan lomba malam sangatlah indah''Biasanya, kalau datang ke venue baru, kadang kita kecewa karena tidak memenuhi ekspektasiTapi, di sini justru sebaliknyaSaya mengharapkan foto-foto yang indahMalam dan lampu berfungsi seperti studio fotoLuar biasa,'' tandasnya.

Para pembalap sendiri sudah menyatakan kagum atas sirkuit jalanan Marina Bay ituMemang terlalu bergelombang, tapi sangat menantang dan ''berkarakter''.

Lewis Hamilton, bintang McLaren, sudah bilang bahwa sirkuit itu lebih menantang daripada Monaco''Satu lap di sini sama dengan dua lap di Monaco,'' katanya.

Felipe Massa, andalan Ferrari, punya komentar sama''Sirkuit ini sangat sulit dan menuntut konsentrasi penuh lap demi lapTidak ada ruang untuk kesalahanJauh lebih sulit dari Monaco,'' ujarnya usai meraih pole position Sabtu malam lalu(aza)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makin Dekati Serena Williams


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler