Humala Napitupulu, Pegawai Ditjen Pajak yang Terseret Kasus Gayus

Yakin Bebas, Anak Sebut Ayah Kerja di Kantor Polisi

Rabu, 22 Desember 2010 – 07:08 WIB

Kasus mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan menyeret banyak orang ke meja hijauSalah satunya Humala Napitupulu, rekan kerja Gayus

BACA JUGA: Petugas Tak Kuat Iman, Para Artis Bertiket VIP pun Terlantar

Kehidupannya banyak berubah setelah terbelit kasus.

================================
 NAUFAL W.-THOMAS AQUINO, Jakarta
================================
 
JARUM jam hari itu hampir menunjuk pukul 09.30
Seperti biasa, suasana Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan makin ramai dengan orang-orang yang menunggu giliran bersidang

BACA JUGA: Pengantin Baru, Paling Cepat Ditinggal Seminggu


 
Sebuah mobil tahanan kejaksaan merapat di sisi selatan gedung PN
Dari dalam mobil itu, keluar seorang pria berbaju batik

BACA JUGA: Anak-Anak Sudah Kangen Papanya

Dia lantas digiring petugas menuju ruang tunggu tahanan di ujung belakang area pengadilanDi ruangan berukuran 3 x 3 meter itulah dia menunggu giliran menjalani sidang.
 
Ya, sejak 27 Oktober lalu, pria bernama lengkap Humala Setia Leonardo Napitupulu tersebut bersidang seminggu dua kali sebagai terdakwa kasus mafia pajakDia dikenal sebagai rekan kerja Gayus yang bertugas sebagai penelaah keberatan di Direktorat Keberatan dan Banding Ditjen Pajak.
 
Humala tidak sendiri di ruang tunggu tahanan hari ituSelain bersama terdakwa lain yang juga menunggu giliran sidang, ada seorang wanita sepuh yang setia menemaniDia adalah Cordelia Hutabarat yang tak lain adalah ibu kandung Humala.
 
Dengan wajah muram, keduanya berbincang pelan di ruangan yang tak begitu terang tersebut"Saya selalu menemani dia (Humala) kalau sidang," ucap Cordelia kepada Jawa Pos yang ikut duduk di dalam ruang tunggu.
 
Wanita 65 tahun itu mengaku setiap Senin dan Kamis datang ke PN Jaksel khusus untuk menemani anaknya yang menjalani sidangDia juga berjanji selalu mendampingi anaknya hingga proses hukumnya selesaiTak hanya itu, hampir setiap hari Cordelia selalu menjenguk Humala yang kini dititipkan di Rutan Polda Metro Jaya"Hampir setiap hari saya datang dari BSD (Bumi Serpong Damai) ke sini (Jakarta) naik kereta untuk menemui anak saya," imbuh dia
 
Humala memang warga BSDTepatnya di Jalan Labu IDi sana, dia tinggal bersama istri serta dua anaknya yang masih berumur 4 dan 1,5 tahunNamun, sejak tersangkut kasus mafia pajak Gayus, dua anak Humala dikirim ke Surabaya, dititipkan ke mertuanya"Kalau di sini (Jakarta), nggak ada yang ngurusBiayanya juga nggak ada," ujar Cordelia
 
Mengenang dua cucunya yang masih balita itu membuat air mata Cordelia berlinangDia sangat sedih tidak bisa dekat dengan dua cucunyaSambil sesekali mengusap air matanya, Cordelia menjelaskan alasan anak-anak Humala harus "diungsikan"Menurut dia, sejak ditahan, Humala tidak lagi mendapatkan gaji penuhUntuk operasional, keluarga itu menggantungkan diri pada istri Humala yang merupakan pegawai badan usaha milik negara (BUMN)
 
"Ya, lebih baik sementara anak-anak itu diurus sama neneknya di Surabaya," ucapnya"Tanggungan istri Humala juga banyakBayar cicilan rumah, mobil, dan lainnya," imbuhnya.
 
Ibu empat anak tersebut mengungkapkan, kehidupan keluarga anak sulungnya itu memang sederhanaSebagai bukti, rumah dan mobil milik Humala diperoleh dengan kredit bank"Sampai sekarang belum lunas," ucapnya.
 
Menurut Cordelia, jika Humala tidak jujur dalam bekerja, anak sulungnya itu pasti sudah kaya rayaTidak seperti sekarang
 
Humala yang sebelumnya hanya terdiam mendengar cerita ibunya itu langsung menyahutDia kemudian menceritakan bagaimana dirinya akhirnya menjadi pegawai Ditjen Pajak dan kemudian diseret-seret Gayus dalam kasus mafia pajak yang menggegerkan Indonesia tersebut.
 
Pria kelahiran Bima itu menceritakan, dirinya belum memiliki apa-apa saat diterima sebagai pegawai Ditjen Pajak"Saya dulu kos sama istri di kawasan (Jalan) SudirmanLalu, kontrak rumah petak di Pancoran," ungkap pria yang menikah pada 2004 silam itu.
 
Baru pada 2006 Humala dan istri memberanikan membeli rumah di kawasan BSD Tangerang dengan mengajukan kredit di bank"Rumah itu baru lunas 12 tahun lagiMasih lama?," ujar pria yang berulang tahun setiap 4 Agustus tersebut.
 
Karena itu, keluarga Humala mesti hidup sederhanaBahkan, membeli motor juga harus dengan kreditBaru pada akhir 2007 Humala bisa mengajukan kredit untuk membeli mobil"Padahal, waktu itu saya cuma punya uang Rp 5 juta untuk uang mukaSisanya saya utang ke sana-kemari," jelasnyaMobil itu pun baru lunas enam tahun lagi.
 
Humala membenarkan bahwa kesederhanaan hidup itu merupakan ajaran ibunya yang ditanamkan sejak dirinya masih kecilBahkan, ketika kuliah di Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya, dia harus bekerja untuk mendapatkan tambahan uang saku"Awalnya saya kerja di kantor akuntan publik, lalu pindah di toko elektronik," kata pria yang lama tinggal di kawasan Bratang Gede, Surabaya, tersebut.
 
Berkat kesederhanaannya itu pula Humala bisa melanjutkan jenjang pendidikan S-2 di Fakultas Ekonomi Unair tanpa harus membebani orang tua.Dia menuturkan, kasus yang menjeratnya saat ini sangat membuat dirinya tertekanSelain mengganggu ekonomi keluarga, tekanan yang luar biasa dirasakan adalah tekanan secara psikis"Misalnya, saya tidak bisa bersama istri dan anak-anak setiap saat lagi," katanya.
 
Terpisah dari dua anaknya yang masih kecil-kecil membuat rasa rindunya membuncahMenurut Humala, anak-anaknya belum mengerti bahwa ayahnya sedang terbelit masalah pelik
 
Pria berkacamata itu mengisahkan, saat hari-hari pertama menjalani masa tahanan di kantor polisi, dua anaknya pernah diajak ibunya membesuk"Setelah itu, tiap lewat depan kantor polisi, anak saya bilang, itu kantor ayah," tuturnya dengan nada getir.
 
Saat menjalani masa tahanan, lanjut Humala, dirinya sempat mendapatkan perlakuan berbedaDengan Gayus, misalnya, yang ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok"Kalau masalah (tempat) tahanan, nggak masalahCuma, memang 2,5 bulan pertama saya kumpul dengan tahanan kriminal umum," katanya.
 
Dengan kondisi itu, tentu saja ketenangan batin Humala tergangguSuasana tersebut baru berubah setelah dirinya dipindahkan ke ruang tahanan lain"Kan saya juga butuh ketenangan," tegasnya lantas menyebutkan bahwa waktunya banyak dihabiskan untuk membaca buku dan beribadah.
 
Sejak awal menjalani sidang, dia yakin bakal bebas karena tidak terbukti bersalahApalagi setelah Gayus, sang aktor utama, beberapa kali mengatakan di depan majelis hakim bahwa Humala tidak bersalah
 
Bahkan, dalam sidang di PN Jaksel, 8 Desember lalu, Gayus secara terbuka meminta maaf karena telah menyeret Humala dalam kasus mafia pajak"Dia tidak bersalah, Pak (hakim)Dia tidak tahu apa-apaApa yang dia kerjakan sudah benar," ucap Gayus saat itu.
 
Mendengar pengakuan Gayus tersebut, Humala seperti mendapat angin segar"Sejak awal saya yakin lolos (tidak bersalah, Red)Saya percaya, Tuhan itu MahaadilDia akan menolong orang-orang yang tertindas," tuturnya optimistis.
 
Keyakinan Humala tersebut bukan tanpa alasanSejak awal dia merasa janggal atas dikabulkannya keberatan PT Surya Alam Tunggal (SAT) yang saat ini membelit dirinya dalam kasus mafia pajakSebab, menurut dia, pertanggungjawaban dalam perhitungan pajak tersebut berjenjangMulai level pelaksana, direktur, hingga direktur jenderal (Dirjen)"Kalau mau disebut siapa yang bertanggung jawab, ya semua bertanggung jawab," tegasnya
 
Semakin tinggi jabatan seseorang, kata dia, semakin besar pula tanggung jawabnya"Itu logika sederhananyaTapi, kenyataannya terbalik," tuturnya.
 
Selain itu, kata Humala, keberatan PT SAT tersebut dikabulkan karena mengacu pada hasil pemeriksaan pajak yang sudah dilakukan"Kalau pemeriksaannya yang salah, mana ada tindak pidananya" Itu yang tidak pernah dibahas," katanya memberikan catatan.
 
Pemeriksaan pajak tersebut, lanjut dia, harus mengacu pada ketentuan perpajakanHal itu juga harus didukung bukti-bukti yang kuat"Nah, pada proses penelitian keberatan, pemeriksaan itu tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan, sehingga (keberatan) diterima," ungkapnya(*/c5/ari)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisah Para Pendamping Hidup Tim Merah Putih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler