Hunian Hotel Mulai Penuh

Jumat, 21 Desember 2012 – 04:42 WIB
SERANG - Menjelang musim liburan natal 2012 dan Tahun Baru 2013, hunian hotel berbintang yang ada di Banten  mulai penuh. Tren kepadatan ini terjadi sejak awal Desember. Bahkan, sejumlah hotel telah mendapatkan pemesanan hunian untuk musim liburan natal dan tahun baru, sejak beberapa bulan lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten Achmad Sari Alam saat dihubungi Banten Raya, Kamis (20/12) mengatakan, reservasi atau pemesanan hotel di sejumlah destinasi wisata di Banten telah terjadi sekitar 3-4 bulan lalu. Sehingga, saat ini rata-rata hotel yang ada di Banten 90 persen telah terisi.

"Bahkan, di antaranya terpantau sudah penuh hingga tahun baru nanti. Seperti hotel-hotel berbintang yang ada di sekitar lokasi wisata Pantai Anyer, seperti Marbella, Patra Jasa, Regal, Mambruk dan Sanghiang," ungkap Achmad.

Achmad menjelaskan, tingkat hunian hotel di Banten pada saat natal biasanya berkisar antara 80-90 persen, dan kebanyakan didominasi hotel-hotel bintang 3 dan 4. Sedangkan, khusus untuk momen tahun baru, tingkat hunian hotel berlaku untuk semua kelas atau bintang hingga mencapai 100 persen lebih. "Untuk tahun baru, dipastikan semua hotel berbintang penuh semua. Karena, puncaknya memang pada saat itu. Kecuali untuk natal, mungkin masih ada yang kosong," ujarnya.

Achmad mengatakan, tingkat hunian hotel dan kunjungan wisatawan pada musim liburan akhir tahun kali ini diprediksi akan naik dari tahun sebelumnya. Ia menilai, kondisi infrastruktur jalan menuju sejumlah destinasi wisata yang ada di Banten saat ini mulai membaik. Selain itu, lanjut Achmad, ada jalur alternatif dengan kualitas baik menuju lokasi wisata yang menjadi incaran para wisatawan.

"Hanya mungkin, perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intens terkait jalur alternatif tersebut. Karena, wisatawan luar Banten belum banyak tahu soal jalur itu," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Ajak Moeslim membenarkan pernyataan PHRI terkait tingkat hunian hotel yang mulai penuh. Ajak mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan dari sejumlah hotel yang ada di Banten mengenai tingkat hunian yang mulai padat sejak 13 Desember 2012.

"Saat itu (13/12-red), tingkat hunian sudah mencapai 70 persen lebih. Dipastikan, pada hari-H momen tahun baru itu sudah tidak ada lagi hotel yang kosong," ujarnya.

Ajak merinci, saat ini terdata jumlah hotel di Provinsi Banten sebanyak 274 hotel. Terdiri dari Kabupaten Pandeglang sebanyak 7 hotel berbintang dan 50 hotel non bintang, Kabupaten Lebak terdapat 35 hotel non berbintang, Kabupaten Serang sebanyak 20 hotel berbintang dan 72 hotel non berbintang, Kabupaten Tangerang sebanyak 2 hotel berbintang dan 5 hotel non bintang, Kota Tangerang ada 7 hotel berbintang dan 20 hotel non bintang, Kota Cilegon ada 11 hotel berbintang dan 14 hotel non berbintang, Kota Serang sebanyak 3 hotel berbintang dan 18 hotel non bintang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebanyak 2 hotel berbintang dan 8 hotel non bintang.

"Total keseluruhan kamar dari 274 hotel di Banten sekitar 12.699 kamar. Dari keseluruhan, yang menjadi favorit masih di kawasan wisata pantai seperti Anyer dan Carita," paparnya. (ibah)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sempat Dirujuk ke RS Anuntaloko

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler