Peringatan HUT Ke-60 SMA Anda Luri Jadi Momentum Konsolidasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 – 06:50 WIB
Suasana saat pra-peluncuran kegiatan Peringatan HUT ke-60 SMA Anda Luri pada Maret 2019 lalu di Kota Waingapu, SUmba Timur, NTT. Foto: Dok. Panitia HUT SMA Anda Luri

jpnn.com, JAKARTA - SMA Katolik Anda Luri genap berusia 60 tahun pada Minggu, 20 Oktober 2019. Sekolah yang beralamat di Jalan M. T. Haryono No.19, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ini telah melahirkan banyak kader yang berkiprah hampir semua sektor kehidupan.

“Pada Ulang tahun ke-60 ini, para alumni tidak sekadar merayakan perigatan tetapi menjadi momentum konsolidasi antar-alumni dengan alumni dan alumni dengan pihak sekolah,” ucap Martha Hebi, salah satu alumnus SMA Anda Luri Tahun 1994 saat dihubungi JPNN dari Kota Waingapu, Sumba Timur, NTT, Jumat (18/10) malam.

BACA JUGA: Masukan untuk Pak Jokowi dari 2 Pengamat Pendidikan

Martha menjelaskan reuni alumni SMA Anda Luri ini bertujuan untuk mendukung atau memberikan support ke pihak sekolah atau almamater.

“Pertanyaannya untuk apa (Reuni?, red). Semua ini untuk support ke sekolah, Almamater kita. Anda Luri adalah SMA yang hadir lebih awal di Sumba,” kata pegiat SOPAN (Solidaritas Perempuan dan Anak) Sumba ini.

“Jangan sampai cuma awal-awal tetapi tidak bisa beradaptasi dengan situasi saat ini,” kata Martha lagi mengingatkan.

Menurut Martha, dirinya dan alumni lainnya menginginkan SMA Anda Luri tetap menjadi institusi yang berkarakter. “Dia (SMA Anda Luri, red) punya karakter sendiri. Seperti yang sudah dirasakan seluruh Alumni Anda Luri saat ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Martha mengungkapkan meskipun banyak sekolah di Sumba saat ini, tetapi ada hal yang membedakan alumni Anda Luri dengan alumni dari sekolah lainnya. Hal itu yang harus dijaga.

Melalui HUT ke-60 ini, kata dia, para Alumni yang memiliki aset pemikiran dapat memberikan inspirasi ke pihak manajemen sekolah agar almamater terus maju.

Martha juga menyampaikan beberapa harapan yang dapat menjadi bahan diskusi bersama para alumni, di antaranya tetap melanjutkan mempertahankan dan melanjutkan perjuangan para pendiri untuk memajukan pendidikan di Sumba.

Martha berharap dengan dukungan para alumni dapat terwujud untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang bernaung di bawah Anda Luri.

“Potensi lulusan SMA di Sumba cukup besar. Ini potensi untuk lahirnya perguruan tinggi di bawah naungan Anda Luri,” kata Alumnus Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan Yogyakarta ini.

Beragam Acara

Berkenaan dengan Peringatan HUT ke-60 ini, Ketua Seksi Acara Panitia HUT SMA Anda Luri, Florida Dapa menjelaskan Panitia telah menggelar beragam kegiatan yang melibatkan para alumni, para siswa-siswi dan para guru SMA Anda Luri, dan masyarakat. Di antaranya sosialisasi bahaya narkotika kepada para siswa SMA seluruh Kota Waingapu, bakti sosial berupa donor darah secara massal, dan juga gunting rambut gratis.

Kegiatan lainnya adalah pertandingan persahabatan voli antara alumni dengan civitas akademika Anda Luri.

“Peluncuran kegiatan peringatan HUT Ke-60 tahun SMA Anda Luri dimulai pada 27 Maret lalu,” ucap Ida Dapa sapaan Florida saat dikonfirmasi JPNN.com, tadi malam.

Menurut Ida, sebelum acara puncak HUT, telah menggelar beberapa kegiatan seperti penanaman pohon sakura di sekitar halaman SMA Anda Luri oleh Angkatan 1985-1989.

Selanjutnya, pada Sabtu (19/10) hari ini digear jalan sehat yang diikuti lebih dari seribu peserta. Banyak lagi kegiatan untuk menyemarakkan HUT ini yakni beragam permainan dan juga membuka stan sambil berjualan.

Alumnus Angkatan 1997 ini, menambahkan Puncak Peringatan HUT akan digelar pada Senin, 21 Oktober 2019 dengan mengadakan Misa Syukur dipimpin para Pastor yang merupakan alumni SMA Anda Luri.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler