Hyundai dan KIA akan Dirikan Pabrik Mobil Listrik di India

Jumat, 07 Juni 2019 – 12:22 WIB
Mobil Listrik Hyundai Kona. Ilustrasi. Foto: Business Today

jpnn.com, JAKARTA - Dua produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai dan KIA, telah sepakat untuk membangun pabrik mobil listrik di India.

Pengumuman itu muncul setelah pemerintah India mengumumkan telah setuju berbagai produsen mobil membangun kendaraan hybird dan listrik. Hal tersebut untuk meningkatkan jumlah kendaraan listrik di India semakin meningkat.

BACA JUGA: Segera Hadir Mobil Listrik Masa Depan Rasa Jerman dan Inggris

"Salah satu alasan mengapa kami akan membangun pabrik di India, karena untuk mempopulerkan kendaraan listrik di sini," kata Divisi R&D President Of Hyundai Group, Albert Biermann seperti dilansir Business Today, Jumat (7/6).

BACA JUGA: Segera Hadir Mobil Listrik Masa Depan Rasa Jerman dan Inggris

BACA JUGA: Maria Goodenough

Biermann menambahkan, pihaknya telah mencari mitra untuk bisa memasok berbagai komponen untuk mendukung kendaraan listrik mereka. Salah satu perusahaan ialah LG yang siap memasok baterai.

Tak hanya LG, Bierman juga mencari pemasok baterai internasional lainnya untuk persyaratan baterai. Saat ini, kedua perusahaan sedang melakukan uji kelayakan proyek di India untuk pengadaan mesin dan baterai lokal.

BACA JUGA: Hyundai Kenalkan Bus Tingkat Listrik Berkapasitas 81 Orang

"Ketika pasar menjadi memiliki minat yang tinggi, kami dapat melokalkan kendaraan tersebut. Kami memiliki jaringan kuat. Teknologi baterai Korea memimpin di seluruh dunia dan kami memiliki kemitraan yang kuat, seperti dengan LG. Jadi kami bisa melokalisasi dengan mitra-mitra itu", tambah Biermann.

Di India, Hyundai dan KIA akan bersaing menghadapi merek lokal dan Jepang, Biermann yakin masih banyak peluang dan kesempatan membuat mobil listrik di India.

"Hyundai Kona electric akan menjadi kompetitor Maruti Suzuki, Mahindra dan Tata, serta akan bersaing secara luas di negara itu. Di mana seluruh model yang akan dipasarkan bertarung untuk soal emisi yang dihasilkan. Hal ini jelas akan menjadi perhatian dunia," terang Biermann.

Hyundai dan KIA memiliki rencana akan merilis mobil listrik Kona di pasar India pada 9 Juli 2019. Seluruh bagian kendaraan listrik tersebut menggunakan 100 persen komponen lokal dari India.

Hyundai Kona Electric yang didesain untuk anak muda dan berkarakter sporty ini mampu menempuh jarak lebih dari 415 km untuk sekali pengisian daya baterai penuh.

Saat dipasarkan, produk hasil kolaborasi ini tentunya akan menjadi penantang dari Tata Tigor, Mahindra XUV300, Maruti Suzuki Wagon R dan Mahindra KUV100 yang siap meluncur dengan versi listrik.(mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SF90 Stradale Membuka Era Baru Ferrari di Industri Mobil Listrik


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler