Hyundai IONIQ 6, Mobil Listrik dengan Desain Futuristik & Teknologi Terkini

Rabu, 23 Agustus 2023 – 20:11 WIB
IONIQ 6 pilihan mobil listrik terbaru dari Hyundai. Foto: Dok. PT Hyundai Motors Indonesia.

jpnn.com, JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melengkapi jajaran mobil listriknya dengan meluncurkan IONIQ 6 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. 

Peluncuran mobil bergaya sedan itu semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatan elektrifikasi di tanah air, khususnya kendaraan listrik.

BACA JUGA: Hyundai IONIQ 5 Indonesian Batik, Perpaduan Tradisi dan Teknologi Masa Depan

President Director of HMID, WooJune Cha mengatakan IONIQ 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. 

"Kami mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Melalui pengenalan model baru ini, kami menyediakan berbagai pilihan kepada konsumen Indonesia, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak opsi dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka,” kata dia.

BACA JUGA: Tingkatkan Produksi, Hyundai Mengakuisisi Pabrik GM di India

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer of HMID, menambahkan IONIQ 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik. 

Maka dari itu, mobil listrik itu hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan efisien daya saat ini. 

BACA JUGA: Hyundai Stargezer Laris Manis di GIIAS 2023

"Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang advance," kata Fransiscus.

IONIQ 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency.

Sejak pertama kali diluncurkan secara global, mobil asal Korea Selatan itu mendapatkan pengakuan dunia melalui prestasi di berbagai ajang bergengsi salah satunya World Car Design of the Year di perhelatan 2023 New York International Auto Show (NYIAS).

Pada kedua ajang tersebut, IONIQ 6 akan digunakan sebagai kendaraan untuk pasangan delegasi VVIP, sedangkan IONIQ 5 disiapkan menjadi kendaraan operasional.

IONIQ 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis. IONIQ 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.

Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya. 

Salah satunya adalah gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles. Gagang pintu itu dirancang saksama untuk meningkatkan aerodinamika dari kendaraan. 

Flush Door Handles yang rata dengan bodi saat mobil terkunci juga memastikan keamanan dari IONIQ 6. 

Aspek ini didukung oleh penampilan stylish IONIQ 6 dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Kesan mewah dan futuristis pada eksterior IONIQ 6 pun tampak dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler. 

Hyundai meneruskan komitmen berkelanjutan dengan menggabungkan fungsionalitas dan estetika dari Hyundai IONIQ 6 ke dalam aplikasi interior, khususnya dalam melakukan pewarnaan pada kendaraan. 

Interior Lapang berkat E-GMP Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai IONIQ 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna.

IONIQ 6 memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm, panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.

Ruang interior pun IONIQ 6 benar-benar terasa luas berkat legroom yang lebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata sehingga pengguna bisa lebih rileks dalam melakukan perjalanan. 

Adapun interior dari baris depan IONIQ 6 juga dilengkapi dengan bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. 

IONIQ 6 juga dilengkapi glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien. IONIQ 6 juga menghadirkan kenyaman maksimal di tiap kursi. 

Di baris depan, pengguna akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan. Jadi, pengguna bisa mendapatkan posisi duduk yang relaxing dan lebih nyaman. 

Lalu, kursi pengemudi dan kursi penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi, jadi pengguna bisa menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.

Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, IONIQ 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. 

Tenaga maksimal pun memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Performa terdepan didukung dengan konsumsi daya yang efisien untuk jarak tempuh yang panjang. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km. 

Dengan begitu, IONIQ 6 menjadi salah satu BEV paling efisien daya saat ini. Berdasarkan pengukuran tersebut, IONIQ 6 dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, dalam satu kali pengisian daya Collision-Avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM). 

IONIQ 6 juga didukung sejumlah fitur Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-Lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC) Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM).

IONIQ 6 hadir dalam warna eksterior yaitu, Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, Biophilic Blue Pearl dengan banderol Rp 1.197.000.000 (On The Road Jakarta). 

Informasi selengkapnya mengenai kegiatan dan produk Hyundai terkini dapat Anda temukan di laman resmi HMID atau berbagai kanal medsos HMID, seperti Instagram @HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @HyundaiMotorID. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hyundai Kenalkan Aplikasi MyHyundai di GIIAS 2023, Punya Banyak Fitur Baru


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler