Ibra Siap Dibarter dengan Eto"o

Sabtu, 24 Juli 2010 – 10:16 WIB
Barter major antara Zlatan Ibrahimovic dengan Samuel Eto"o.
BARCELONA - Transfer window atau bursa transfer kerap diidentikkan dengan pundi-pundi uangDi setiap pertengahan tahun atau jelang dimulainya musim kompetisi baru, selalu menarik ditunggu siapa pemain yang akan mencatatkan namanya dalam rekor transfer.

 Tapi, bursa transfer tidak melulu sekadar uang

BACA JUGA: Etoo Meyakini Ansu Fati Penerus Lionel Messi

Transaksi pemain bisa dilakukan tanpa harus merogoh kocek
Yakni dengan mekanisme pertukaran pemain alias barter.  Barter, harus diakui, sangat membantu klub yang ingin menghemat neraca keuangannya

BACA JUGA: Kabar Buruk Buat Penggemar Zlatan Ibrahimovic

Masalahnya, tidak mudah menemukan kecocokan pilihan antara dua klub terhadap pemain yang sama-sama diinginkan
Kalaupun ada barter yang melibatkan pemain terkenal, sangat-sangat minim.

 Tahun lalu misalnya

BACA JUGA: 5 Calon Pengganti Romelu Lukaku di Inter Milan

Barter major hanya antara Zlatan Ibrahimovic dengan Samuel Eto"oIbra - sapaan akrab Ibrahimovic - yang menjadi bintang utama Inter selama tiga musim ditukar dengan Eto"oBagaimana dengan tahun ini ? Nama Ibra kembali masuk sebagai kandidatSeiring musim perdana yang kurang memuaskan bersama Barca (sebutan Barcelona dan kedatangan David Villa dari Valencia, posisi bomber timnas Swedia itu terancam.

 Menjual Ibra jelas bukan tugas mudah bagi Barca karena banderol striker 28 tahun itu masih mahalYakni di kisaran EUR 40 juta dan sangat sedikit klub yang mau merogoh kocek semahal itu hanya untuk seorang pemainAlhasil, barter merupakan solusi terbaik.

 Sebagaimana kabar yang beredar di sejumlah media Spanyol , Ibra disebut bakal dibarter dengan bintang Real Madrid asal Brazil KakaKebetulan Kaka bernasib sama dengan IbraDatang dengan banderol mahal dari AC Milan, tapi gagal tampil memuaskan di musim perdananya bersama Real.
 ?Bursa transfer selalu penuh misteriTidak ada yang tidak mungkin dalam pertukaran Ibra dengan Kaka,? demikian sebagaimana dilansir Sport

 Tapi, klaim itu tidak mendapat dukungan dari agen Ibrahimovic yang bernama Mino Raiola?Saya tidak tahu menahu tentang kabar ituSaya tidak pernah berbicara dengan Real Madrid maupun kemungkinan pertukaran klien saya dengan Kaka,? kata Raiola kepada Sports Illustrated.

 "Sampai saat ini, Ibra juga belum pernah bilang kepada saya ingin meninggalkan Barca," tambahnya.
 Di pihak lain, Direktur Real Emiliano Butragueno menilai barter Ibra dan Kaka bakal tercatat sebagai transaksi terbesar di bursa transfer tahun itu?Tidak ada pembicaraan tentang itu (barter Kaka dengan Ibra, Red) di tingkat manajemen klubTapi, itu bukan sesuatu yang salah,? tuturnya kepada Marca.

 Butragueno menilai kebijakan transfer Real tahun ini bakal berbeda dengan tahun laluYakni tidak akan lagi perburuan galacticos (pemain berkategori bintang)Tahun lalu Los Merengues - sebutan Real - menggelontorkan kurang lebih EUR 250 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun untuk Cristiano Ronaldo, Kaka, dllNamun, tahun ini, Los Merengus baru mengeluarkan EUR 39,5 juta (Rp 458 miliar) untuk talenta muda seperti Angel di Maria, Pedro Leon, dan Sergio Canales.

"Skuad kami sudah cukup bagus dan hanya perlu dipoles lebih baik lagiReal tidak butuh tambahan pemain berlabel superstar,? tandas ButraguenoPendapat Butragueno itu sekaligus sinyal kenapa Real ogah jor-joran harga untuk mendapatkan bek kanan Inter Milan dan timnas Brazil MaiconUntuk bisa mendapatkan Maicon, Real memang harus merogoh kocek sampai EUR 35 juta atau setara dengan Rp 406 miliar(dns)

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler