Ibu-Ibu.. Ini Makanan Super saat Menyusui

Jumat, 27 Maret 2015 – 15:17 WIB
fox news

jpnn.com - LONDON- Sebagai ibu baru, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan bayi adalah mengonsumsi makanan yang sehat. Setelah melahirkan, Anda mungkin ingin menurunkan berat badan. Namun, Anda juga harus mengatur gizi untuk meulihkan fisik.

“Untuk kesehataa, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi," kata ahli diet dan juri bicara Academy of Nutrition and Dietetics (AND), Tamara S. Melton, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (26/3).

BACA JUGA: Fakta Unik Miss V Yang Harus Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa makanan super wajib bagi ibu menyusui.

1. Air

BACA JUGA: Kisah Menarik Para Food Photographer

Dehidrasi menurunkan tingkat energi secara drastis. Variasikan pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan dengan minum jus dan susu. Tapi, hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Bila terpaksa, minum maksimum 2 hingga 3 cangkir saja. Kafein akan memasuki ASI Anda dan bayi Anda akan menjadi sulit tidur.

2. Salmon

BACA JUGA: Ternyata, Kopi dapat Mencegah Diabetes dan Obesitas

Ikan merupakan bahan makanan penting untuk ibu menyusui. Salmon mengandung asam lemak esensial dan omega-3. Asam lemak ini memberikan dorongan untuk pasokan susu dari ibu menyusui. Salmon membantu dalam meningkatkan kualitas susu.

3. Biji-bijian

Biji-bijian dalam roti, nasi, pasta serta oatmeal merupakan sumber penting vitamin B, mineral dan serat. Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menurunkan berat badan bayi.

4. Daging Sapi

Ibu menyusui memiliki peningkatan kebutuhan mineral seng. Nah, daging sapi adalah cara yang bagus untuk mendapatkannya. Daging sapi adalah protein berkualitas tinggi yang kaya vitamin B dan zat besi yang membantu Anda mempertahankan energi. Jika memungkinkan, pilihlah daging sapi yang diberi makan rumput karena memiliki lebih banyak kandungan omega-3 asam lemak.

5. Telur

Telur adalah pilihan yang cepat, mudah dan serbaguna untuk makan. Telur kaya protein, kolin, lutein, vitamin B12, dan D. Makan telur utuh untuk mendapatkan hasil maksimal gizi. Penelitian terbaru menunjukkan, mengonsumsi telur tidak akan meningkatkan kolesterol Anda.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C andminerals, E, dan K. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ladies.. Minuman Ini Manjur Atasi Kanker Ovarium Lho..


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler