Ide Ganjar untuk Mengembangkan Kreativitas Gen Z Pelaku Industri Kreatif

Selasa, 15 Agustus 2023 – 19:25 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbincang dengan para influencer dari kalangan gen Z di Semarang, Senin (14/8). Foto: Biro Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengadakan pertemuan dengan anak-anak muda generasi Z atau gen Z yang menjadi influencer atau pemengaruh.

Dalam pertemuan di Semarang pada Senin (14/8) malam itu, puluhan gen Z (generasi kelahiran 1997-2012) menyampaikan unek-unek, terutama kekhawatiran akan masa depan mereka.

BACA JUGA: Pak Ganjar Orangnya Asyik, Mau Belajar dari Kreativitas Gen Z dan Milenial

Di antara para influencer yang hadir pada pertemuan itu ialah Thariq Haililintar, penulis sekaligus figur publik Meisya Sallwa, penyanyi Lula Lahfah, TikToker Angie Williams, selebgram Clara Shinta Aritona, selebritas Fuji An, dan masih banyak lagi.

"Saya mendengarkan suara-suara mereka, anak-anak muda yang punya bakat luar biasa. Hari ini mereka mengeluarkan seluruh unek-uneknya," ujar Ganjar seusai berbincang dengan para influencer.

BACA JUGA: Dua Kata dari Ganjar untuk Milenial & Gen Z: Kreatif dan Inovatif

Bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menuturkan salah satu kekhawatiran di antara gen Z ialah kepastian akan masa depan karena digitalisasi di berbagai sektor kehidupan. Meski demikian, Ganjar menilai anak-anak muda sangat kreatif.

Banyak gen Z saat ini yang punya kemampuan menulis, mencipta lagu, menyanyi, bahkan menjadi desainer, pembuat film, kreator konten, dan industri kreatif lainnya.

BACA JUGA: Ganjar Contohkan Proses Kreatif kepada Generasi Z dan Milenial di Jakarta

“Tentu mereka butuh proses kreatifnya itu difasilitasi,” tuturnya.

Gubernur ke-15 Jateng itu lantas memerinci fasilitas yang bisa diberikan kepada gen Z untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di industru kreatif. Misalnya, menyediakan pelatihan, pendidikan, dan ceative hub.

“Ini yang menurut saya penting," ujarnya.

Selain itu, Ganjar menilai anak-anak muda yang sukses dalam karier mereka di dunia industri kreatif dan digital layak mendapatkan paspor biru. Dengan demikian, mereka bisa menjadi duta Indonesia untuk memamerkan karya di mancanegara.

Paspor biru adalah paspor yang diberikan kepada warga negara yang hendak melakukan perjalanan dalam rangka penempatan atau perjalanan dinas pemerintah.

Pemegang paspor biru akan mendapatkan beberapa kemudahan dibanding pemilik paspor hijau.

Ganjar mengharapkan pelaku industri kreatif yang memperoleh paspor biru makin leluasa mengenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia.

"Itu never-ending, keren banget. Kalau kita bicara ekonomi kreatif ke depan, mereka inilah kelak dengan kehebatan sumber daya manusianya," ucap Ganjar.(Mcr5/JPNN.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Minta Gen Z dan Milenial Optimalkan Media Sosial Sesuai Perkembangan Zaman


Redaktur : Antoni
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler