Ikhtiar AHM Ciptakan Industri Sepeda Motor Ramah Lingkungan Lewat Teknologi PGM-FI

Rabu, 06 Desember 2023 – 11:31 WIB
Ilustrasi teknologi injeksi Honda PGM-Fi. Foto: Honda

jpnn.com, JAKARTA - Langkah PT. Astra Honda Motor (AHM) dalam mewujudkan industri otomotif yang ramah lingkungan di Indonesia, diimplementasikan lewat inovasi teknologi PGM-FI di kendaraannya.

AHM pun mulai mengadopsi teknologi injeksi di sepeda motor mereka, dan menjadi pionir di pasar kendaraan roda dua tanah air.

BACA JUGA: 2 Motor Cruiser Besutan Honda Dapat Layanan Perbaikan, Cek di Sini

Teknologi injeksi Honda sendiri sudah dikembangkan sejak 1981 dengan motor pertama yang mengadopsinya ialah CX500 Turbo.

Di Indonesia, teknologi yang diklaim mampu menawarkan efisiensi, perawatan mudah, hingga tenaga lebih itu diaplikasikan pertama kali di Supra X 125 PGM-Fi pada 2005.

BACA JUGA: Sudah di Gresini Racing, Marc Marquez Beri Wejangan ke Repsol Honda

Dua tahun sebelumnya, Honda juga merupakan produsen motor pertama yang mengimplementasikan teknologi injeksi melalui Honda Wave 125i pada 2003 di Thailand.

Sementara itu, motor jenis matik Honda pertama yang mengadopsi teknologi injeksi ialah Honda Spacy yang dirilis pada 2011.

BACA JUGA: Honda CB350, Tampang Klasik dengan Fitur-Fitur Modern

Skutik itu diluncurkan pada 2011 dan seperti membayar janji AHM yang ingin menerapkan teknologi injeksi ke berbagai motor kecil yang dijual di Indonesia.

Dalam laman resminya, AHM menjelaskan bahwa tekonologi PGM-Fi (Programme Fuel Injection) adalah sistem suplai bahan bakar yang dikontrol secara elektonik, sehingga memasok bahan bakar dan oksigen lebih optimal untuk kebutuhan mesin dalam setiap keadaan.

Teknologi PGM-FI didukung untuk hasil optimal seperti ECM (Engine Control Modul), injector, fuel pump, Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature (IAT), Manifold Air Pressure (MAP), Engine Oil Temperature (EOT) dan Sensor O2.

Saat kunci kontak diputar ke posisi ON, fuel pump langsung bekerja sekitar 2 detik untuk memberi tekanan melalui selang bahan bakar.

Lalu ketika saklar electric starter ditekan, sensor-sensor tersebut akan memberi input ke ECM.

Secara keseluruhan, sistem kerja injeksi dikontrol oleh ECM berdasarkan input dari sensor sehingga membuat motor mempunyai performa lebih baik, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Ada empat keunggulan Teknologi PGM-FI yaitu ramah lingkungan, irit bahan bakar, bertenaga, hingga perawatan yang mudah. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Honda Rebel 500 Tersedia Dalam 3 Warna Baru


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler