Ikhtiar Evani Jesslyn dengan Strada Coffee Memajukan Kopi Indonesia

Selasa, 13 Desember 2022 – 13:26 WIB
Evani Jesslyn saat bersama petani kopi. Foto: dok pribadi Evani

jpnn.com, JAKARTA - Evani Jesslyn sebagai pemilik Strada Coffee melakukan berbagai upaya untuk mengolah kopi Indonesia memiliki cita rasa yang berkualitas kopi impor.

Upaya yang ditekuni Evani dalam membesarkan Strada Coffee ialah dengan mendirikan Coffee Academy agar para barista hingga petani dapat mengolah kopi lokal dengan kualitas terbaik.

BACA JUGA: Kemendikbudristek Ungkap Peserta Didik Barista Naik 240 Persen, Usaha Kopi Kekinian Marak

“Banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor, dan hal itu tak banyak diketahui oleh masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi Strada Coffee mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal," tutur Evani Jesslyn dalam siaran resmi, Selasa.

"Kami juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi konsumen."

BACA JUGA: Nutrafor Gold Coffee, Minuman Serbuk Kopi Penambah Stamina & Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berkat upayanya dalam menekuni kopi, Evani menyabet predikat Juara Pertama Cupping kompetisi Barista Farmer di Brasil pada 2016 dan menjadi satu-satunya perwakilan Asia.

Dia juga berkesempatan menyajikan kopi andalannya di Istana Presiden RI.

BACA JUGA: Juara Kopi

"Saya diperkenankan untuk menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo, sebanyak dua kali. Mulai dari kopi Toraja hingga Jawa," ucap dia.

Evani menjelaskan kopi Toraja itu didatangkan dari kaki Gunung Sesean dengan ketinggian 1400-2100 mdpl.

Pada elevasi setinggi itu dengan jenis tanah andosol, rasa kopi akan menjadi sangat kompleks.

Hal itulah yang menjadi kunci di balik rasa kopi tersebut memiliki aroma floral yang menonjol.

Evani menyebut Strada Coffee juga bisa menyediakan kopi sesuai kondisi kesehatan konsumen.

"Bila ada konsumen yang ingin minum kopi tapi takut terkena gangguan lambung, atau takut pahit, atau perlu untuk melancarkan metabolisme tubuh, di Strada Coffee kami punya solusinya. Kami bisa pilihkan kopi untuk masing-masing kondisi kesehatan dan kegunaannya. Jadi bisa lebih tenang menikmati kopi tanpa takut terganggu kesehatannya,” imbuh dia.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya menyajikan kopi sesuai karakter masing-masing daerah guna menghasilkan minuman terbaik.

Evani telah mengambil pelatihan sertifikasi kopi dari berbagai negara dan kini telah mengantongi 20 sertifikat dengan status pengajar bersertifikasi internasional.

Kopi-kopi terbaik hasil kurasi Evani bisa didapatkan di Strada Coffee Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.47A, Gajahmungkur, Kota Semarang dan gerai online stradacoffee.

Selain menikmati kopi, pengunjung juga bisa berkonsultasi terkait pilihan kopi untuk dibawa pulang atau sebagai hadiah kepada rekan penggemar kopi. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Excelso Punya Persembahan Menarik untuk Pencinta Kopi, Dijamin Puas


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler