Ikut Instruksi Bu Mega, Mbak Yuke Terjun Langsung Pimpin Penanaman Pohon di Jaksel

Senin, 22 Februari 2021 – 12:50 WIB
Penanaman pohon oleh DPC PDIP Jakarta Selatan. Foto: dok PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan DKI Jakarta serempak menggelar kegiatan penanaman pohon di pinggir aliran sungai yang tersebar di sejumlah titik ibu kota.

Salah satunya yang dilakukan DPC PDIP Jakarta Selatan. Ketua PDIP Jakarta Selatan, Yuke Yurike, mengatakan penanaman pohon sebagai bentuk tanggung jawab seluruh kader partai banteng untuk merawat lingkungan dan menjadikan sungai sumber peradaban manusia.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Haris Sebut Jokowi Lebih Buruk dari SBY, FPI Bergerak Lagi, Bima Arya Bereaksi Keras

"Intinya melanjutkan program yang diharapkan berkesinambungan sesuai perintah partai menjadikan sungai jalan peradaban dan melindungi sungai dan habitatnya," kata Yuke yang ikut menanam pohon di Kelurahan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Yuke mengatakan, gerakan penananam pohon ini merupakan bagian dari program besar Cinta Ciliwung Bersih yang diinisasi PDI Perjuangan dan Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA: Ikut Kebanjiran, Djarot PDIP: Mari Kita Bantu Pak Anies

Cinta Ciliwung Bersih pun tindaklanjut dari tema HUT ke-48 PDIP, Januari lalu, dengan bergerak melalui jalan politik hijau.

Yuke menegaskan, kegiatan menanam pohon dan bersih- bersih sungai sekaligus membangun kesadaran masyarakat. Dari hal kecil itu lah, alam raya akan terus terjaga sebagaimana nantinya diwariskan ke generasi selanjutnya.

BACA JUGA: Sadarestuwati PDIP Singgung Fungsi Waduk di DKI tidak Optimal

"Kegiatan menanam, merawat, membersihkan dan menata sungai sekaligus memberdayakan warga sehingga sehulingga Satgas yang dibentuk yaitu Satgas Cinta Ciliwung Bersih, betul- betul sesuai harapan," ujar anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta tersebut.

Bersamaan dengan menanam pohon di Kelurahan Jagakarsa, Yuke juga mendampingi Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning dalam kegiatan merawat lingkungan tersebut. Keduanya menanam bibit pohon mangga, nangka dan petai.

Di Jakarta Selatan, terdapat empat titik digelar penanaman pohon. Di antaranya di Kelurahan Rawajati, Pancoran, turut terlihat Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi bersama sang Sekretaris Sri Untari.

Selain itu juga ada Jagakarsa dan wilayah Srengseng Sawah yang ikut dalam kegiatan Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP PDIP, Eriko Sotarduga.

Selain kegiatan menanam pohon, DPC PDIP Jakarta Selatan pun membangun posko bantuan banjir seperti mendirikan dapur umum.

"Kami langsung bergerak cepat. Kader - kader di bawah siap tanggap dan langsung menyalurkan bantuan- bantuan yang ada," pungkas Yuke. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler