Ikut Penjaringan NasDem, Mulyadi Jayabaya Terancam Dipecat PDIP

Kamis, 24 Maret 2016 – 20:03 WIB
Mulyadi Jayabaya. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG – Keputusan Mulyadi Jayabaya (JB) mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) disikapi serius oleh DPP PDI Perjuangan. Sanksi tegas hingga pemecatan dari keanggotaan PDIP kemungkinan bakal dijatuhkan kepada mantan bupati Lebak dua periode itu. 

“Sanksinya tegas, setiap kader yang mendaftarkan diri sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari partai lain akan dipecat. Namun pemecatannya akan dibahas terlebih dahulu melalui rapat pleno DPP,” kata pengurus DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning saat dikonfirmasi Radar Banten, Rabu (23/3).

BACA JUGA: Mendagri Minta Maaf

Ribka menegaskan, PDI Perjuangan konsisten menerapkan aturan partai bukan hanya sejak pilkada serentak 2015, tapi jauh sebelum itu. Makanya tidak ada toleransi bagi kader yang memilih partai lain untuk maju dalam pilkada serentak 2017. “Ini berlaku untuk semua daerah, kami tegaskan siapa saja kader yang membelot silahkan keluar dari PDIP,” tegasnya.

Berbeda dengan Ribka, Ketua DPD PDIP Banten Sukira justru lebih santai menyikapi pendaftaran JB ke NasDem. Menurut Sukira larangan yang telah dikeluarkan oleh PDIP memang tegas, tapi terkait sanksinya tidak diatur secara rinci. Untuk itu DPD akan menyerahkan hal itu ke DPP. “Kami di DPD akan tetap memproses pendaftaran Pak JB yang sudah mendaftarkan diri ke DPW NasDem. Urusan sanksi itu kewenangan DPP,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kemdagri Desak Tengku Erry Segera Usulkan Pelantikan

Sukira menambahkan, DPD hanya akan fokus mengurus dan melaporkan penjaringan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang mendaftar ke PDIP. “Kami saat ini fokus melakukan penyaringan dan verifikasi berkas para pelamar sebelum melaporkan hasilnya ke DPP,” ungkapnya.

Terpisah, juru bicara JB Agus R Wisas mengatakan bahwa bosnya siap menerima resiko dari DPP terkait keputusan mendaftarkan diri sebagai bakal cagub ke NasDem. “Pak JB tentu siap menerima resikonya, tapi kami pasti akan menjelaskan kepada DPP alasannya termasuk melaporkan kondisi politik jelang Pilgub Banten ke Ketua Umum DPP PDIP. Yang pasti Pak JB maju sebagai cagub demi perbaikan Banten,” jelasnya. (mg12-quy/air/dil/jpnn)

BACA JUGA: Warga Jakarta Cerdas, Kandidat Harus Kaya Gagasan

BACA ARTIKEL LAINNYA... PPP Kubu Djan Faridz Bantah Parmusi Tarik Kader


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler