Incar Kursi Cawagub Jabar 2024, PDIP Bakal Usung Kader Internal

Sabtu, 25 Mei 2024 – 16:45 WIB
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan bakal membangun kerja sama politik dengan partai lain agar bisa mengusung cagub dan cawagub untuk Pilkada Jawa Barat 2024.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono menyebut tidak ada satu pun partai yang bisa mengusung cagub-cawagub provinsi Tanah Pasundan.

BACA JUGA: Adian Ungkap Target Kemenangan PDIP saat Pilkada 2024, Ternyata..

Ono berbicara untuk menjawab wartawan saat konferensi pers sebelum dimulainya Rakernas V PDI Perjuangan Hari kedua di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (25/5).

"Jadi, intinya parpol di Jabar harus kerja sama dengan partai lain untuk bisa mengusung cagub dan cawagub," kata Ono, Sabtu.

BACA JUGA: Zulhas Merestui Nalim Maju jadi Cabup di Pilkada Merangin

Dia mengatakan PDI Perjuangan belum pernah menang Pilkada Jawa Barat sejak kontestasi politik di provinsi beribu Kota Bandung itu dilaksanakan dari reformasi sampai 2018.

Dari situ, kata Ono, PDI Perjuangan mengincar posisi Cawagub Jabar 2024 bisa ditempati oleh kader internal.

"Tentunya kami sadar bahwa kami agaknya tidak mungkin untuk mengincar nomor satu, jadi kami PDI Perjuangan akan mengincar posisi dua, di posisi wakil gubernurnya," kata pria berkacamata itu.

Namun, kata Ono, PDI Perjuangan masih melakukan penjaringan internal, sehingga sosok internal yang bakal diusung partai sebagai cawagub belum diketahui.

"Ya, tentunya partai mempunyai kader-kader yang banyak di Jawa Barat, yang tentunya saat ini DPP beserta tim yang telah ditugaskan, sudah mulai melakukan pemetaan, siapa kader internal PDIP di Jabar yang nanti akan disandingkan dengan calon gubernurnya," kata dia.

Lebih lanjut, Ono berharap pelaksanaan pilpres dan pileg 2024 yang penuh kecurangan secara terstruktur, sistematis, masif (TSM) tidak terulang pilkada serentak 2024. 

Semisal, kata dia, pilkada serentak 2024 tidak diwarnai penggunaan APBN atau APBD untuk calon tertentu sampai keberpihakan TNI dan Polri.

"Tentunya ada catatan bagi kami, pilpres dan pileg kemarin, kami semua sepakat ada beberapa hal yang menjadi catatan bagaimana netralitas TNI-Polri, bagaimana penggunaan APBN, APBD, dan program pemerintah, mudah-mudahan di pilkada tidak terjadi lagi dan ini menjadi komitmen kita bersama," kata Ono. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
pilkada   PDIP   Politik   Jabar   cawagub  

Terpopuler