Incredibles 2: Penantian Satu Dekade Tak Sia-Sia

Rabu, 13 Juni 2018 – 19:03 WIB
Karakter Edna Mode dari Incredibles 2. Foto: Pixar

jpnn.com - Asyik, ada satu film lagi yang siap menemani keluarga selama libur Lebaran ini. Incredibles 2 resmi tayang di Indonesia mulai hari ini, Rabu (14/6). Sehari lebih cepat daripada di AS.

Penantian fans selama lebih dari satu dekade tidak sia-sia. Soalnya, animasi lansiran Disney Pixar yang merupakan sekuel dari The Incredibles (2004) itu mendapat respons positif dari kritikus.

BACA JUGA: Mengenal 4 Karakter Baru di Incredibles 2

Dari hasil skrining terbatas pekan lalu (6/6), film besutan Brad Bird tersebut menerima banyak pujian. Tidak sedikit yang memasukkan Incredibles 2 dalam daftar film wajib tonton tahun ini. Mereka sepakat tim produksi berhasil membuat film kedua The Incredibles lebih bagus daripada pendahulunya!

’’Gaya visualnya menakjubkan, karakternya fantastis, dan kisah petualangannya luar biasa. Ceritanya agak mudah diterka, tapi aku benar-benar menikmati film ini,’’ kata Chris E. Hayner, jurnalis GameSpot.

BACA JUGA: Pesona Edna Mode di Incredibles 2

Meski bergenre animasi, jurnalis Forbes Simon Thompson menyatakan bahwa film yang pengisi suaranya antara lain Holly Hunter dan Samuel L. Jackson itu sangat menghibur anak-anak maupun dewasa.

’’Bagian action-nya impresif, tapi nggak berlebihan. Anak-anak dan dewasa bakal dibuat ngakak. Sekuel yang sepadan dengan penantiannya,’’ tulisnya.

BACA JUGA: Trailer Incredibles 2 Ungkap Sosok Villain

Selain memuji cerita dan visual film, banyak kritikus yang jatuh hati pada karakter Jack-Jack. Salah satunya, sineas Perri Nemiroff.

’’Dinamika keluarga di film brilian, tapi WOW Jack-Jack mencuri perhatian,’’ ulasnya. Bloger Jana On Camera dan jurnalis Collider Dorian Parks berpendapat serupa. ’’Jack-Jack adalah aktor terbaik Incredibles 2!’’ ungkapnya.

Respons positif itu jelas mengatrol rapor Incredibles 2. Di laman IMDb pekan ini, film tersebut meraih skor 9,3. Jauh melebihi rating sepekan sebelumnya yang mencapai 8,7. Di Rotten Tomatoes, film itu dapat nilai 96 persen.

Skor tersebut jelas melegakan buat Bird yang sejak awal penggarapan menargetkan Incredibles 2 lebih baik daripada film sebelumnya.

Maklum, sineas yang juga menggarap Ratatouille (2007) dan Mission: Impossible-Ghost Protocol (2011) itu cukup idealis. Untuk menggodok cerita, dia butuh waktu lima tahun.

Bird menjelaskan, di sekuel kali ini dirinya banyak bereksperimen dengan keluarga Parr. Helen Parr alias Elastigirl menjadi working mom, sedangkan Mr Incredibles alias Bob Parr sebagai bapak rumah tangga.

’’Kisah ini akan sangat relatable karena kondisi ini banyak terjadi di lingkungan kita. Tidak ada yang salah dengan suami yang tinggal di rumah atau jadi perempuan karir,’’ tutur Bird.

Pengisi suara Elastigirl, Holly Hunter, sangat senang karena karakternya menjadi tokoh sentral. ’’Dengan gerakan Me Too dan Time’s Up yang sedang menghangat di Hollywood, senang sekali melihat perempuan dengan segala kelebihannya bisa jadi sosok penyelamat,’’ paparnya.

Sementara itu, voice cast Mr Incredible, Craig T. Nelson, menyatakan bahwa karakternya di film kedua tidak jauh beda dengan perannya sebagai ayah.

’’Aku sama sekali nggak masalah berada di rumah. Sebab, dalam pernikahan, tidak ada kompetisi antara pasangan. Kamu bakal melakukan yang terbaik bersama-sama agar bisa menjadi orang maupun pasangan yang lebih baik,’’ tegasnya.

Meski ada perubahan alur dan perkembangan karakter, Incredibles 2 tetap mempertahankan cita rasa pendahulunya.

’’Dinamika keluarga nomor satu, kekuatan super nomor dua. Inilah yang membuat film kami beda dengan franchise superhero lainnya,’’ ujar Bird. (THR/Deadline/Collider/fam/c14/na)


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler