Indonesia Akhirnya Raih Emas di Paralimpiade Tokyo 2020

Sabtu, 04 September 2021 – 20:58 WIB
Pebulu tangkis putri Indonesia Leani Ratri Oktila (kiri) dan Khalimatus Sadiyah Sukohandoko (kanan). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

jpnn.com, TOKYO - Pasangan ganda putri parabadminton Indonesia Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah yang turun di kelas SL3-SU5 berhasil menyumbangkan medali emas pertama untuk kontingen Merah Putih di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Bertanding di Yoyogi National Stadium, Tokyo, Sabtu (4/9) WIB, Leani/Khalimatus menang dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-12 atas pasangan China Cheng He Fang/Ma Huihui.

BACA JUGA: Mantap, Fredy Setiawan Rebut Tiket Semifinal Paralimpiade Tokyo dengan Status Juara Grup

Pada pertandingan ini Leani/Khalimatus mengincar medali emas pertama untuk Indonesia mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga. Pasangan China Hefang/Huihui terlihat kurang siap meladeni permainan.

Hasilnya pasangan ganda putri Indonesia mampu unggul dengan skor 11-9 di interval pertama.

BACA JUGA: Pukul Wakil Thailand, Fredy Setiawan Pastikan Tempat di Semifinal Paralimpiade Tokyo

Pada awalnya pasangan China mampu menempel ketat perolehan poin ganda putri Indonesia.

Beruntung Indonesia mempunyai Leani Ratri Oktila yang memiliki serangan tajam dan keras. Beberapa kali pemain yang tampil di tiga nomor Paralimpiade Tokyo 2020 itu tampil apik dalam menyerang pertahanan pemain China.

BACA JUGA: Tembus Semifinal, Leani Ratri Oktila Jaga Peluang Raih Tiga Medali Paralimpiade Tokyo

Usai mengambil kemenangan di interval gim pertama, pasangan Indonesia menjauh dan menutup pertandingan dengan skor 21-18.

Memasuki gim kedua, permainan Indonesia sempat mengendur. Pasangan Hefang/Huihui memanfaatkan kondisi itu dengan unggul hingga skor berubah menjadi 6-4.

Beruntung Leani/Khalimatus bisa bangkit dan menyamakan kedudukan hingga skor menjadi sama kuat 8-8.

Setelah menyamakan skor menjadi 8-8, Leani/Khalimatus bahkan mampu berbalik unggul dan menutup interval gim kedua 11-9.

Selepas interval gim kedua, pasangan ganda putri Indonesia tidak mau melewatkan peluang meraih medali emas pertamanya begitu saja.

Leani/Khalimatus terus mengambil inisiatif penyerangan dan melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan pasangan China.

Pasangan Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah akhirnya menutup permainan usai pengembalian pasangan China dinyatakan keluar lapangan.

Pertandingan gim kedua berakhir dengan skor 21-12 untuk keunggulan pasangan Indonesia.

Kemenangan Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah di partai final parabadminton menjadi raihan medali emas perdana kontingen Merah Putih di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Tambahan satu medali emas ini membuat Indonesia untuk sementara telah mengoleksi enam medali dengan rincian satu emas adalah dua perak dan tiga perunggu. (paralympiade/mcr16/jpnn)


Redaktur : Adil
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler