Indonesia Juara AFF U-19 2024: Tuah Bung Tomo & Senjata Rahasia

Selasa, 30 Juli 2024 – 07:42 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir menyaksikan laga final Piala AFF U-19 2024 Timnas U-19 Indonesia vs Thailand di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (29/7) malam WIB. Foto: PSSI.org

jpnn.com - SURABAYA – Timnas U-19 Indonesia meraih gelar juara Piala AFF U-19 2024 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (29/7) malam WIB.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menilai GBT Surabaya mempunyai aura tersendiri untuk pertandingan sepak bola, bahkan saat Timnas Indonesia berlaga.

BACA JUGA: Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024, Langsung Persiapan Melawan Argentina

"Saya rasa aura yang ada di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya punya atmosfer tersendiri," ucapnya saat ditemui setelah pertandingan di Stadion GBT Surabaya, Senin malam.

Erick Thohir mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak terutama masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang telah memberikan dukungan penuh bagi Timnas Indonesia U-19 berlaga selama Piala AFF U-19.

"Terima kasih kepada suporter hari ini memenuhi stadion dan memerahputihkan stadion. Dengan begitu kita bisa memperlihatkan bahwa inilah pemain ke-12 Indonesia," katanya.

BACA JUGA: Arti Tangisan Jens Raven Seusai Membawa Timnas U-19 Indonesia Juara Piala AFF

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan kalau kemenangan Timnas U-19 Indonesia di Stadion GBT sudah sesuai prediksi.

"Alhamdulillah, (kemenangan) Indonesia sesuai prediksi," katanya.

BACA JUGA: Final Piala AFF 2024 Indonesia vs Thailand U19: Saat Itu Menang Tebal

Bahkan, mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya tersebut menilai Timnas Indonesia juga mendapat tuah dari stadion yang dapat menampung hingga 46.806 penonton itu.

"Timnas Indonesia mendapat tuahnya Kota Surabaya dan Bung Tomo sehingga bisa menjadi juara," ucapnya.

Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah menumbangkan Thailand U-19 dengan skor 1-0 melalui gol Jens Raven (17') di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dalam laga melawan Thailand, senjata rahasia yang sejauh ini menjadi mesin gol Indonesia, yaitu skema bola mati kembali berjalan dengan baik.

Gol tunggal Timnas U-19 Indonesia bermula dari sepak pojok Muhammad Kafiatur dan bola berhasil ditanduk tipis oleh Kadek Arel.

Sundulan Kadek lalu diteruskan oleh Jens Raven yang berada di posisi yang tepat untuk mencetak gol keempatnya pada turnamen ini dan juga membawa Indonesia unggul 1-0.

Ini merupakan gelar kedua Indonesia di Piala AFF U-19 setelah terakhir kali menjuarainya pada 11 tahun silam, tepatnya pada edisi 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler