Indonesia Re selenggarakan pelatihan Probable Maximum Loss dan Limit of Liability

Kamis, 05 September 2024 – 22:30 WIB
Indonesia Re selenggarakan pelatihan Probable Maximum Loss dan Limit of Liability untuk peningkatan kompetisi dan pemahaman risiko. Foto: Dok. Indonesia Re

jpnn.com, BANDUNG - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menyelenggarakan pelatihan internal intensif selama tiga hari bertajuk "Indonesia Re In-house Training" yang berlangsung pada tanggal 12 hingga 14 Agustus 2024 di Pullman Hotel, Bandung.

Pelatihan ini digelar karena kebutuhan akan diperlukannya peningkatan pemahaman terkait aplikasi dan penerapan Probable Maximum Loss (PML) serta Limit of Liability (LOL) di industri asuransi.

BACA JUGA: Dukung UMKM, Indonesia Re Gelar Program Pembinaan di Rumah BUMN Solo

Pelatihan ini menghadirkan pembicara dari Munich Re dan AON Indonesia, yang merupakan para ahli dalam bidangnya, guna memberikan pandangan yang mendalam mengenai konsep dan penerapan PML, LOL, serta first loss limit dalam penerimaan risiko di industri asuransi dan reasuransi umum.

Probable Maximum Loss (PML) adalah konsep penting dalam industri asuransi dan reasuransi yang berfungsi untuk memperkirakan kerugian maksimum yang mungkin terjadi pada suatu risiko tertentu.

BACA JUGA: Indonesia Re Dukung UMKM Lewat Karya Nyata Festival: Pamerkan Produk Unggulan

Dengan memahami basis penentuan PML, perusahaan asuransi dapat lebih efektif dalam mengelola risiko dan merumuskan strategi akseptasi, termasuk di antaranya penempatan reasuransi, penetapan harga premi dan deductible yang lebih akurat.

Selain itu, PML juga membantu dalam menentukan kecukupan cadangan modal dan memperkuat posisi finansial perusahaan dalam menghadapi klaim yang mungkin timbul.

BACA JUGA: Anies Masih Punya Peluang Maju di Pilkada Jakarta, 4 Partai Ini Bisa Berkoalisi

Dengan demikian, PML bukan hanya alat ukur, tetapi juga menjadi fondasi bagi stabilitas serta keberlanjutan operasional industri perasuransian di Indonesia.

Pengaplikasian Limit of Liability (LOL) juga tak kalah penting. Konsep ini membantu asuransi & reasuransi dalam mengidentifikasi dan mengelola batasan tanggung jawab mereka terkait dengan risiko-risiko tertentu yang dihadapi.

Selain itu, Basis of Determination menyediakan landasan yang jelas bagi penilaian risiko, memungkinkan para pemangku kepentingan untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi terkait dengan perjanjian reasuransi.

Dengan memahami dan mengaplikasikan kedua aspek ini, Indonesia Re dapat meningkatkan ketahanan finansialnya, mengurangi ketidakpastian, dan pada akhirnya memberikan perlindungan yang lebih optimal bagi nasabahnya, sehingga tercipta ekosistem reasuransi yang lebih stabil dan berkelanjutan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 33 karyawan Indonesia Re yang terdiri dari berbagai departemen terkait yang berhubungan dengan pengembangan bisnis, teknik dan operasional perusahaan, serta Direktur Teknik Operasi, Delil Khairat dan Direktur Keuangan & Aktuaria, Maria Elvida Rita Dewi.

"Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan karyawan Indonesia Re dalam menerapkan PML dan LOL. Pengetahuan ini tidak hanya akan membantu kami dalam pengelolaan risiko yang lebih efektif tetapi juga dalam meningkatkan pemahaman dalam suatu risiko itu sendiri," kata Delil Khairat.

Maria Elvida Rita Dewi menambahkan dengan memahami lebih dalam tentang PML dan LOL, dapat mengoptimalkan perlindungan yang kami berikan kepada industri asuransi di Indonesia.

"Ini adalah bagian dari komitmen Indonesia Re untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan mengelola risiko dengan lebih baik," katanya.

Kerja sama antara Indonesia Re dan AON Indonesia dalam menyelenggarakan pelatihan ini juga menunjukkan komitmen kedua belah pihak untuk terus berbagi pengetahuan dan memperkuat fondasi industri perasuransian di Indonesia.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan karyawan Indonesia Re dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam pengelolaan risiko dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perusahaan serta industri asuransi secara keseluruhan. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YA Sebar 59 Video Porno Anak dan Orang Dewas Lewat Telegram


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler