Indonesia Sukses Lampaui Target

Jumat, 21 Juni 2013 – 04:42 WIB
JAKARTA – Tim Nasional (timnas) Junior Taekwondo Poomsae Indonesia sukses lampaui target yang dipatok pada Kejuaraan 7th Asian Junior Taekwondo Championship and 2nd Asian Junior Taekwondo Poomsae Championship 2013. Hanya mengincar satu medali perunggu, timnas Merah Putih justru mampu memenangi dua medali perunggu pada kategori Poomsae Recognize Team yang berlangsung di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Medali perunggu pertama Indonesia didapat tim putri Poomsae Recognize, yang terdiri dari Muttaqoh Khairunnisa, Mutiara Habiba, dan Kevita Delia Rizkia, setelah berhasil menyelesaikan pertandingan dengan memperoleh poin 7,69. Tak lama kemudian, Indonesia kembali memastikan raihan medali perunggu setelah tim putra Poomsae Recognize, yang beranggotakan Auliya Ramadhan, Irsyad Abdul Azis, dan Rastra Jabadiu Kutai, memenangi 7,74 poin atas aksi mereka.

“Kedua tim berhasil menampilkan yang terbaik dan memperbaiki peringkat mereka di fase kualifikasi tadi. Sebelumnya, tim putra finis di rangking 4, sementara tim putri berada di rangking 7,” papar pelatih timnas Poomsae Recognize Indonesia, Muklis, usai pertandingan.

Sementara untuk medali emas dan perak, kompak diboyong oleh timnas Iran dan Korea Selatan. Iran tampil sebagai yang terbaik setelah tim putra dan tim putri mereka mencatat skor paling tinggi.

Tim putra Iran mengumpulkan 7,87 poin, disusul Korsel dengan 7,85 poin. Sedang tim putri Iran mengoleksi 7,84 poin, diikuti tim putri Korsel dengan 7,77 poin.

Dari nomor perorangan, Iran dan Korsel juga tampil dominan. Iran memenangi medali emas di kategori perorangan putri lewat Marjan Salshouri, yang meraup 7,97 poin. Sementara Korsel mengimbangi perolehan medali emas setelah Bae Jong Beom meraih poin paling tinggi, 7,70 di kategori perorangan putra.

Hari ini, kategori Kyorugi akan mulai dipertandingkan. Khusus untuk kategori tersebut, PBTI selaku induk organisasi olahraga taekwondo di Indonesia menargetkan tiga medali emas.

Selain bersaing dengan Iran dan Korsel, tuan rumah Indonesia juga harus berkompetisi dengan  23 negara lain, yakni Filipina, Vietnam, Taiwan, Tiongkok, India, Palestina, Bhutan, Pakistan, Macau, Kazakhstan, Qatar, Yaman, Thailand, Kyrgyztan, Mongolia, Yordania, Malaysia, Lebanon, Jepang, Irak, Uzbekistan, Afghanistan, dan Bangladesh. (fay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Ganda Putri Indonesia Tembus Perempat Final

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler