Indonesia Vs Timor Leste U-19, Indra Sjafri Antisipasi 2 Gaya Permainan Lawan

Selasa, 23 Juli 2024 – 12:38 WIB
Indra Sjafri menyampaikan keterangan menjelang pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste Piala AFF U-19 2024. Ilustrasi Foto: PSSI.org

jpnn.com - JAKARTA – Jadwal pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste pada laga terakhir Grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/7/2024) malam WIB.

Timnas U-19 Indonesia membidik rekor sempurna di pertandingan nanti.

BACA JUGA: Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste: Intip Ambisi Pribadi Jens Raven

Sebelumnya, Timnas U-19 Indonesia menang tebal saat melawan Filipina dengan skor 6-0.

Garuda Nusantara juga menang 2-0 melawan Kamboja.

BACA JUGA: Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste, Indra Sjafri Tak Ingin Pemain Dibebani Target Jumlah Gol

Sedangkan Timor Leste menang melawan Kamboja dengan skor 3-2. Di laga kedua, Timor Leste kalah 0-2 melawan Filipina.

Di grup A Piala AFF U-19 2024, Indonesia masih memimpin dengan raihan enam poin, sementara Timor Leste membayangi di posisi kedua dengan tiga poin.

BACA JUGA: Piala AFF 2024: Jadwal Timnas U-19 Indonesia Vs Saudara Lama, Ada Rotasi Lagi

Poin yang sama juga dikumpulkan oleh Filipina yang duduk di peringkat ketiga klasemen.

Garuda Nusantara sepanjang bertemu dengan Timor Leste di ajang yang sama, selalu menang.

Pertemuan pertama terjadi pada semifinal tahun 2013. Ketika itu Indonesia menang 2-0 atas Timor Leste lewat gol dari Ilham Udin Armaiyn dan Muhammad Hargianto.

Sementara pertemuan terakhir terjadi di babak grup pada 2019. Di laga itu Timnas U-19 Indonesia menang telak 4-0 atas Timor Leste.

“Timor Leste tentu tetap harus kita waspadai. Mereka memiliki pemain dengan bakat alam yang bagus,” kata Pelatih Timnas u-19 Indonesia Indra Sjafri saat berlangsungnya latihan tim, Senin (22/7) di Lapangan THOR, Surabaya.

Indra menyiapkan dua pilihan permainan timnya untuk mengantisipasi permainan Timor Leste.

“Ada dua hal yang mungkin kita antisipasi, dari kemungkinan-kemungkinan respons kita terhadap pertandingan lawan Timor Leste,” kata Indra, dikutip dari situs resmi PSSI.

“Satu, apakah dia melayani kita dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau mereka realistis seperti Kamboja kemarin melayani kita yang main deep defending. Hari ini, kita bikin respons dalam sesi latihan untuk bagaimana besok tim ini bisa lebih mencair,” kata pelatih asal Sumatera Barat itu.

Pelatih berusia 61 tahun itu mengatakan jika Timor Leste bermain tertutup dengan pertahanan rapat, kata Indra, skuat Garuda Nusantara juga siap.

Dirinya mengatakan, pengalaman saat memenangi laga melawan Kamboja yang bermain rapat, turut meningkatkan kepercayaan diri para pemainnya saat ini.

“Dengan pengalaman kita kemarin, saya pikir anak-anak lebih percaya diri untuk bisa menghadapi tim-tim yang bermain dengan deep defending,” ucapnya.

Timnas u-19 Indonesia sejatinya hanya butuh hasil imbang demi lolos ke semifinal.

Namun, Garuda Nusantara tetap mengincar kemenangan sebagai bekal menjadi kampiun di kejuaraan tahun ini.

Meski demikian, Indra Sjafri menekankan pentingnya evaluasi baik di lini pertahanan dan menyerang. Dengan meningkatkan produktivitas gol dan menjaga pertahanan yang solid, peluang Garuda Muda untuk meraih juara semakin terbuka lebar.

“Untuk kita evaluasi pertahanan jangan ada kebobolan, untuk serangan juga kita harus banyak cetak gol. Harus bisa cetak gol,” ujar Indra.

Jangan lupa ya, pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Timor Leste Piala AFF 2024 dijadwalkan hari ini, Selasa 23 Juli 2024, pukul 19.30 WIB. (sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler