Indonesian Television Awards 2023 Segera Digelar, Ada 15 Kategori Penghargaan

Selasa, 29 Agustus 2023 – 05:05 WIB
Konferensi pers menjelang Indonesian Television Awards 2023 pada Senin (28/8). Foto: Dok. ITA 2023

jpnn.com, JAKARTA - Ajang penghargaan bagi program televisi serta insan pertelevisian Indonesia yakni, Indonesian Television Awards 2023 kembali bergulir.

Malam puncak ITA 2023 akan dilaksanakan pada 25 September 2023 dan disiarkan langsung oleh RCTI serta GTV dari Sudio RCTI+, kawasan MNC Studios, Jakarta, mulai pukul 21.30 WIB.

BACA JUGA: Boyband Korea WayV Hebohkan Indonesian Television Awards 2022

Tidak sampai di situ, sebuah acara bertajuk Concert Celebration ITA 2023 digelar pada 26 September 2023 mulai pukul 22.00 WIB.

Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI mengatakan kehadiran Indonesian Televison Awards dari tahun ke tahun, selalu beriringan dengan perkembangan industri televisi di Indonesia.

BACA JUGA: Indonesian Television Awards 2022 Makin Dekat, 4 Kategori Ini Jadi Perhatian

"Indonesian Television Awards 2023 menghadirkan dua kategori penghargaan baru sebagai bentuk apresiasi terhadap program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia yang telah memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui program atau karya yang mereka buat," kata Dini Putri, Senin (28/8).

Indonesian Television Awards 2023 menjadi penyelenggaraan ke-8, sejak diselenggarakan pertama kali pada 2016.

BACA JUGA: Ikatan Cinta Hingga Lapor Pak Masuk Nominasi Indonesian Television Awards 2022

Melihat perkembangan program televisi yang makin variatif dan inovatif, Indonesian Television Awards 2023 pun mengalami perubahan.

Indonesian Television Awards 2023 menghadirkan 15 kategori penghargaan, yang 2 di antaranya merupakan kategori baru, yaitu Kategori Pendatang Baru Televisi Terpopuler serta Kategori Program Kompetisi Olahraga Terpopuler.

Adapun 15 kategori penghargaan tersebut, terbagi menjadi 9 kategori program televisi, 5 kategori individu, serta 1 kategori spesial.

Seluruh kategori penghargaan dalam Indonesian Television Awards 2023 tidak hanya berdasarkan genre program, namun juga berdasarkan slot tayang program televisi dan pelaku industri televisi di Indonesia.

Penentuan nominasi masing-masing kategori bukan berdasarkan dari rating, tetapi berdasarkan survei top of mind pemirsa terkait program televisi selama periode tayang Agustus 2022 hingga Juli 2023.

Survei dilakukan di 28 kota dengan jumlah sample mencapai 1.500 responden yang dilakukan oleh lembaga independent Roy Morgan Research.

Soekirman selaku Director Roy Morgan Research menjelaskan, survei yang dilakukan dalam Indonesian Television Awards 2023 dengan cara mendatangi rumah-rumah para pemirsa televisi dan melakukan wawancara untuk mengetahui program yang paling terpopuler untuk masing-masing kategori.

"Alhasil, dari survei yang kami lakukan di 28 kota tersebut, keluarlah nama-nama nominasi dari masing-masing kategori yang ada di Indonesian Television Awards 2023," beber Ira Soekirman.

Pemirsa televisi Indonesia memiliki peran sangat penting untuk menentukan penerima penghargaan 'Terpopuler' di ajang Indonesian Television Awards 2023.

Pemirsa dapat melakukan voting media sosial (Instagram dan Facebook) Indonesian Television Awards, serta melalui aplikasi RCTI+.

Perhitungan hasil voting media sosial akan dilakukan lembaga independen Provetic, sementara verifikasi terhadap hasil voting dilakukan oleh auditor independen.

"RCTI sudah beberapa kali melakukan kolaborasi antara televisi dengan media sosial. Ajang Indonesian Television Awards dapat dilihat bahwa televisi dan media sosial mampu berjalan beriringan serta saling mendukung," beber Iwan Setyawan selaku Direktur Utama Provetic.

Raffi Ahmad masuk menjadi satu nominasi dalam Indonesian Television Awards 2023.

Dia mengungkapkan bahwa para nominator tidak seperti bersaing namun saling support.

"Ini merupakan ajang apresiasi, terlepas kita menang atau tidak. Dengan adanya awards ini juga menjadi pacuan kita dalam berkarya," beber Raffi Ahmad.

Malam puncak Indonesian Television Awards 2023 digelar pada 25 September 2023 di Sudio RCTI+, kawasan MNC Studios, Jakarta dan disiarkan oleh RCTI mulai pukul 21.30 WIB. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler