Influencer UMKM Komentari Fitur Garansi Pengembalian Shopee, Simak

Rabu, 28 Februari 2024 – 18:41 WIB
Influencer UMKM Ini mengomentari fitur baru Shoppe bernama garansi bebas pengembalian. Simak kalimatnya. Foto: ilustrasi/dokumentasi JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Influencer UMKM Jonathan Kho mengomentari fitur baru Shoppe bernama garansi bebas pengembalian.

Pasalnya, kehadiran fitur itu memunculkan beragam pertanyaan terutama dari para penjual Shopee, termasuk UMKM.

BACA JUGA: Promo iPhone Rp 6 Jutaan di Digimap Official Shop, Spesial di Shopee Mall!

Dia memberikan pandangannya soal mengenai program baru dari Shopee ini.

Dalam salah satu kontennya di akun Instagram-nya @ceritaombotak, Jonathan menganggap program baru Shopee ini tidak hanya memberi kemudahan bagi pembeli, tetapi keuntungan bagi para penjual.

BACA JUGA: Shopee Super Awards 2023 Nobatkan 2 Mahasiswa jadi Super Growing UMKM

Influencer yang akrab disapa Om Botak itu menjelaskan program itu memungkinkan pembeli untuk mengembalikan barang dengan alasan berubah pikiran.

"Program ini bisa membantu meningkatkan pengalaman belanja pembeli dan berpotensi meningkatkan penjualan produk di toko penjual," ungkap Om Botak dalam siaran persnya, Selasa (28/2).

BACA JUGA: Belanja Makin Hemat dan Seru, Kini Shopee Live Hadirkan Diskon Murah S/D 80% Setiap Hari!

Dalam penerapan program garansi bebas pengembalian ini, kata dia, ongkos kirim pengembalian ditanggung oleh Shopee, sehingga penjual tidak perlu menanggung biaya ongkos kirim.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa program itu memiliki sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh pembeli.

Beberapa syarat dan ketentuan pengembalian barang dalam program itu antara lain label produk/mereka masih tersegel dengan baik, tidak ada perubahan ukuran/bentuk produk, produk dalam kondisi sama saat diterima (tidak ada noda, tidak berbau, tidak kotor, jumlah kuantitas dan kualitas tetap sama), tidak ada indikasi adanya penggunaan, dan lain-lain.

“Kalau barang yang dikembalikan pembeli tidak sesuai syarat & ketentuan, penjual bisa menolak permintaan pengembalian barang pembeli,” jelasnya.

Seiring berkembangnya industri e-commerce, kebijakan pengembalian pesanan dengan alasan berubah pikiran ini memang semakin populer.
Shopee bukanlah platform e-commerce pertama yang kebijakan bebas pengembalian.

Situs marketplace global, Amazon telah menerapkan kebijakan pengembalian dengan alasan apapun selama bertahun-tahun.

Sementara di dalam negeri, sejumlah pemain e-commerce seperti Lazada, serta Zalora juga mengadopsi kebijakan pengembalian serupa, di mana Pembeli bisa mengembalikan barang apabila berubah pikiran.

Kemudahan sistem pengembalian pesanan ini diharapkan akan membuat konsumen yang awalnya merasa ragu untuk berbelanja online, bisa menjadi lebih yakin untuk mencoba belanja online.

Hal ini tentunya bisa membantu para penjual, terutama pelaku UMKM untuk menarik perhatian dan menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisah Sukses Penjual Mukena dapat Penghargaan di Shopee Super Awards 2023


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler