Info Orang Dalam: Mayoritas Konstituen PAN Bakal Coblos Anies

Jumat, 10 November 2023 – 21:13 WIB
Anies Baswedan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diprediksi mendapat dukungan cukup besar dari konstituen Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pilpres 2024 nanti.

Meski partai pimpinan Zulkifli Hasan itu resmi mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, banyak simpatisan yang jatuh hati kepada Anies dan cita-cita perubahannya sejak Pilkada DKI 2017.  

BACA JUGA: Prabowo Minta Buruh Tak Tuntut Kenaikan Upah, Jubir Anies: Bukti Tak Peduli Nasib Pekerja

Politikus senior PAN M Yasin Kara bahkan memprediksi mayoritas konstituen bakal mencoblos Anies pada hari pemilihan nanti.

"Kalau tadinya kita perkirakan 55-60 persen (mendukung Anies), sekarang mungkin sudah mendekati 70-75 persen. Karena ini menyangkut soal nilai," jelas politikus Yasin, Jumat (10/11).

BACA JUGA: Apresiasi Survei Ipsos, Jubir Anies: Lembaga Prancis Pasti Kredibel dan Netral

Menurutnya, lonjakan itu dipicu skandal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia calon peserta pilpres.

Terungkapnya pelanggaran kode etik berat Ketua MK Anwar Usman makin meyakinkan mereka bahwa Prabowo tak layak dipilih.

BACA JUGA: Mantan Menag Fachrul Razi Sebut Anies-Muhaimin Bisa Membawa Perubahan

"Kalau dalam proses untuk itu saja main-main, artinya tidak patuh, tidak sesuai konstitusi yang ada, masak mau lari (dukung) ke situ (Prabowo-Gibran). Bagi mereka (kader PAN) ini hal yang fundamental. Karena keputusan MKMK saja sudah mengatakan secara etik melanggar," sambungnya.

Dia menjelaskan bahwa para pemilih partai berlambang matahari tersebut sangat rasional. Mayoritas mereka mendukung pasangan calon berdasarkan kepentingan jangka panjang bangsa dan negara.

"Ini nilai yang diperjuangkan kader PAN. Ini sudah tidak bisa ditawar lagi," kata mantan anggota DPR RI ini.

Hakim Mahkamah Partai DPP PAN ini juga menekankan tidak mungkin pemerintah yang memain-mainkan konstitusi dan memiliki konflik kepentingan memajukan bangsa dan negara ini serta meningkat kesejahteraan rakyat.

Dia menegaskan kesungguhan mematuhi konstitusi adalah syarat mutlak kalau mau menyejahterakan masyarakat.

Karena itulah, dia menambahkan, massa PAN lebih mendukung Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini sudah terbukti taat konstitusi dan keberpihakannya kepada rakyat tidak lagi perlu diragukan.

"Oleh karena itu menurut saya, pemilih-pemilih PAN dengan sendirinya akan memilih Anies yang memiliki, bukan hanya track record, tapi juga kita mendapati visi misinya yang luar biasa sebagaimana dia paparkan di forum yang sangat bergengsi seperti di INDEF dan CSIS kemarin," ucapnya.

"Saya menangkap itu satu keseriusan (Anies menyejahterakan rakyat). Dan itulah yang akan dilihat oleh kader-kader PAN," demikian M Yasin Kara. (jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler