Informasi seputar Kick-Off Liga 1 dan 2

Kamis, 11 April 2019 – 00:14 WIB
Ketua Umum BOPI Richard Sam Bera. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT LIB sudah merilis vahwa Liga 1 akan dimulai pada 8 Mei sedangkan Liga 2 pada 15 Juni. Tapi ternyata jadwal resmi tersebut belum pernah sekalipun diterima oleh BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia).

Harusnya, BOPI tahu lebih dulu tentang hal tersebut. rekomendasi dari BOPI juga yang jadi aspek terpenting bisa atau tidaknya kompetisi yang dioperatori oleh PT LIB itu dilaksanakan. Tanpa ‘izin’ dari BOPI, mustahil Liga 1 atau Liga 2 bisa bergulir.

BACA JUGA: PT LIB Harus Penuhi Beberapa Poin Jika Ingin Dapat Rekomendasi Liga 1 dari BOPI

Ketua BOPI Richard Sam Bera membenarkan hal tersebut. dari sudut pandangnya sejauh ini belum ada obrolan apapun terkait kompetisi baru musim ini. baik dari federasi yang berarti PSSI ataupun operator.

Bahkan, Richard menegaskan tidak tahu siapa operator untuk Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Dia hanya tahu dari media saja bahwa PT LIB kembali menangani dua kasta sepak bola nasional itu. ’’Ya jadi kami sebenarnya tidak tahu bagaimana ini. Harusnya ada note ke kami,’’ ujarnya.

BACA JUGA: Sambangi BOPI, PT LIB Resmi Ajukan Rekomendasi Liga 1

BACA JUGA: Bahas Masalah PSSI, Perwakilan FIFA dan AFC Bakal Datangi Indonesia

Nah, jika memang seperti yang sudah diberitakan sebelumnya kompetisi Liga 1 akan dimulai pada 8 Mei sedangkan Liga 2 pada 15 Juni, harusnya PSSI ataupun LIB sudah bertemu dengannya. Sudah membahas terkait pemantapan kompetisi. Sudah melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

BACA JUGA: BOPI Ancam Tidak Beri Rekomendasi Liga 1 2019

Dia tidak mau PSSI dan LIB baru meminta rekomendasi beberapa hari sebelum kompetisi bergulir.

’’Tidak mungkin itu bisa, kalau memang rencana awal bulan depan dimulai, paling tidak minggu ini harus bertemu dan membicarakan itu,’’ tegasnya. Apalagi, menurut Richard berkaca pada kompetisi musim lalu, kompetisi musim ini harus berjalan lebih baik lagi.

Misalnya saja terkait jatuhnya korban tewas dalam pertandingan sepak bola. Richard tidak mau hal tersebut terulang lagi musim ini.

PSSI ataupun LIB harus memberi jaminan bahwa kompetisi yang baru kali ini benar-benar tidak memakan korban jiwa lagi. Benar-benar aman untuk masyarakat yang ingin menonton pertandingan sepak bola.

Masalah itu tidak termasuk masih adanya klub-klub yang menunggak gaji pemainnya. Richard menuturkan bisa jadi dirinya tidak akan mengeluarkan rekomendasi jika permasalahan itu tidak segera diselesaikan.

’’Ya memang benar banyak catatan yang akan jadi pertimbangan. Tapi itu nanti, belum ketemu ya. Tapi yang pasti kami akan memproses verifikasi sebenarnya guna kemajuan sepak bola Indonesia itu sendiri,’’ katanya.

Sementara itu, Manajer Kompetisi LIB Asep Saputra membenarkan jika pihaknya memang belum memberitahukan kepada BOPI terkait jadwal kompetisi. LIB sendiri dikatakannya masih sibuk untuk mempersiapkan segalanya. Dari pembuatan draft jadwal hingga mencari sponsor utama.

Hal tersebut belum ditambah perubahan struktur dalam LIB. Dia menuturkan butuh waktu untuk mempersiapkan seluruh kelengkapan sebelum bertemu dan menyerahkannya ke BOPI.

Asep yakin tidak akan ada masalah dalam proses verifikasi ke BOPI. LIB yang berada dalam struktur baru kali ini sudah sangat matang untuk menggelar kompetisi berkaca dari pengalaman musim lalu. ’’Ya semoga semua berjalan lancar,’’ ujarnya.

Di luar itu, Asep mengatakan Senin (8/4) draft jadwal kompetisi Liga 1 sudah dikirimkan kepada 18 klub peserta. Tapi draft tersebut memang masih belum resmi. Klub-klub bisa mengajukan saran ataupun ingin merubah susunan yang sudah dibuat oleh LIB itu.

Nantinya, minggu ini juga LIB menunggu jawaban dari klub-klub terkait jadwal tersebut. kalau memang ada perubahan, segera mungkin dirubah. Kalau tidak, akan langsung dirilis secara resmi.

Yang jelas, untuk pertandingan pembuka Liga 1, Asep menuturkan sedikit berbeda dengan musim lalu. Jika musim lalu mempertemukan Juara Liga 1 2017 dan Juara Piala Presiden 2018 yakni Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta. Untuk musim ini berbeda. ’’Ya kami sedikit merubah untuk hal tersebut,’’ ucapnya.

Dari draft yang sudah dikirimkan ke 18 klub Liga 1, pertandingan perdana menyajikan juara Liga 1 2018 yakni Persija melawan salah satu klub promosi Semen Padang.

Macan Kemayoran akan jadi tuan rumahnya. Pertandingan akan dilaksanakan pada pukul 20.30. ’’Ya benar itu seperti draft pertandingan pembukanya,’’ tambahnya. (rid)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Liga 1 2019 Dimulai 8 Mei


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler