Ingin Hidup Lebih Lama, Ini Caranya...

Senin, 31 Agustus 2015 – 18:39 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa

jpnn.com - PARA ahli selalu menganjurkan mengonsumsi buah dan sayuran. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, buah dan sayuran mengandung zat yang teramat baik untuk kesehatan.   

Banyak sekali manfaatnya. Beda warna, beda khasiat. Berikut penjelasannya, sebagaimana dicuplik dari laman India Times, Minggu (30/8).

BACA JUGA: Mau Cepat Sembuh, Dengar Musik Ini...

1. Merah. Nutrisinya mengandung lycopene, vitamin A (beta karoten), vitamin C, mangan dan quercetin.

Bermanfaat mengurangi resiko kanker (terutama kanker prostat dan kanker payudara), menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, kekebalan yang lebih tinggi, perlindungan terhadap serangan jantung dan mengurangi peradangan. 

BACA JUGA: Hi Ladys, Mau Woman on Top Lebih Hot? Ini Rahasinya...

Ini bisa didapat dari tomat, paprika merah, jambu biji, stroberi, apel, ceri,  buah delima, semangka dan jeruk bali.

2. Oranye. Mengandung beta-cryptoxanthin, beta-karoten, omega-3, zeaxanthin, flavonoid, likopen, kalium, vitamin B dan C.

BACA JUGA: Setop Terlalu Mendominasi!

Bagi kesehatan membawa manfaat; kekebalan yang lebih baik, kulit lebih muda, perlindungan terhadap masalah mata, rendahnya risiko kanker, mengurangi keasaman, kadar kolesterol, tekanan darah meningkat dan sendi sehat.

Terkandung di dalam wortel, jeruk, mangga, pepaya, ubi jalar, labu, melon, dan persik.

3. Kuning. Nutrisinya mengandung mangan, magnesium, kalium, karotenoid, bioflavonoid dan vitamin A, B dan C.

Bisa didapat dari pisang, nanas, melon, paprika kuning, mangga dan labu kuning.

Manfaatnya bagi kesehatan; pencernaan lebih baik, mengurangi kram otot, meningkatkan visi, kulit dan tulang yang lebih sehat, meningkatkan kekebalan, kesehatan jantung yang lebih baik dan gigi kuat.

4. Hijau. Bermanfaat bagi kesehatan reproduksi, kemungkinan lebih rendah dari cacat janin, memperbaiki pencernaan, kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Serta risiko yang lebih rendah terkena kanker.


Didapat dari bayam, brokoli, asparagus, kacang polong, salad hijau, anggur, alpukat, kiwi. Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung nutrisi. antara lain klorofil, lutein, zeaxanthin, kalsium, folat, kalsium, vitamin A dan C.

5. Biru dan Ungu. Mengandung nutrisi antioksidan, lutein, zeaxanthin, resveratrol, antosianin, vitamin C, flavonoid, asam ellagic dan quercetin yang bermanfaat untuk kulit yang lebih baik, pertumbuhan tumor lebih lambat, peradangan berkurang, penyerapan mineral yang lebih baik, meningkatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, kekebalan yang lebih kuat, risiko lebih rendah dari penyakit jantung dan kesehatan mata yang lebih baik.

Bisa didapat dari blueberry, anggur, kismis, kubis ungu.

6. Putih. Bermanfaat untuk kekebalan tubuh, mengurangi risiko usus besar, prostat dan kanker payudara. Hormon seimbang, perlindungan terhadap radikal bebas, kesehatan jantung yang lebih baik dan menurunkan kolesterol.

Dapatkan dari bawang putih, kembang kol, daun bawang dan jamur. Tumbuhan tersebut mengandung nutrisi flavanoids, allicin, beta-glukan, EGCG, SDG, lignan, folat vitamin C dan K. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah 3 Manfaat Protein Bagi Tubuh Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler