Ini 6 Kesalahan Saat Begituan yang Bikin Anda Sulit Hamil

Kamis, 15 Juli 2021 – 06:35 WIB
Ilustrasi - Pasangan suami istri Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Tidak sedikit pasangan suami istri yang merasa kesulitan untuk memiliki atau menambah momongan.

Jika ya, mungkin Anda dan pasangan melakukan beberapa kesalahan sehingga menyebabkan sulit hamil.

BACA JUGA: Benarkah Mengonsumsi Gula dan Susu Berbahaya Bagi Penderita Kanker?

Faktanya, selain menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat, pasangan suami istri yang ingin segera mempunyai momongan perlu memperhatikan dan membenahi cara berhubungan.

Hanya saja bila dilakukan dengan cara yang salah atau sembarangan, kehamilan lebih sulit terwujud.

BACA JUGA: Raffi Ahmad Sudah 2 Minggu Pisah Ranjang dengan Nagita Slavina, Bertengkar?

Berikut beberapa kesalahan dalam berhubungan, yang mesti Anda perhatikan dan perbaiki untuk meningkatkan peluang hamil:

1. Begituan setiap hari

Percaya atau tidak, terlalu sering berhubungan dapat menurunkan kuantitas dan kualitas air mani pria. Sebab, air mani membutuhkan waktu untuk kembali ‘pulih’ setelah dikeluarkan.

BACA JUGA: Chat WhatsApp Diumbar oleh Kiki The Potters, Nikita Mirzani Merespons Begini

Apabila tubuh pria tidak mendapat jeda waktu untuk melakukan hal tersebut lantaran terus-menerus dipaksa begituan, bukan tidak mungkin kualitas dan kuantitas air mani malah akan menurun. Hal ini membuat kehamilan lebih sulit terjadi.

2. Tidak memperhitungkan tanggal kesuburan

Menurut seorang OB-GYN di Coastal Obstetrics and Gynaecology di Stamford, Connecticut, Shieva Ghofrany, MD, FACOG, menghitung waktu subur merupakan hal penting untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Hal serupa juga dikatakan oleh dr. Atika. Menurutnya, pasangan yang tidak cermat dalam memilih tanggal subur memang lebih sulit untuk hamil.

“Misalnya, pasangan ingin segera punya anak tapi salah memperhitungkan masa subur, jadi nanti bisa sulit hamil,” tegas dr. Atika.

Lantas, bagaimana cara menghitung masa subur yang tepat? Pertama, Anda perlu tahu kapan masa haid dimulai.

Pada masa haid, sel telur dalam tubuh akan kembali berkembang di dalam ovarium. Ketika sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut.

Inilah yang disebut dengan masa subur atau ovulasi. Proses ini akan terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum haid.

3. Berhubungan hanya pada hari ovulasi atau masa subur

Ketika mencoba untuk hamil, Anda memang diminta untuk berhubungan saat masa subur (ovulasi). Tapi, bukan berarti Anda hanya melakukannya di hari pertama masa tersebut.

Saat berovulasi, sel telur yang dilepaskan bisa bertahan di tuba falopi selama 12 hingga 24 jam. Di sana, sel tersebut sedang menunggu dibuahi oleh air mani, yang masuk dengan cara begituan.

4. Terpaku pada satu posisi begituan

Ada beberapa teori yang menyebut bahwa posisi misionaris dan wanita di atas (woman on top) dapat membantu meningkatkan peluang hamil.

Namun, bukan berarti Anda hanya harus terpaku pada dua posisi tersebut. Sejatinya, Anda dan pasangan bisa mengeksplorasi setiap posisi begituan guna meningkatkan peluang kehamilan.

Saat mengeksplorasi posisi begituan, pastikan untuk tetap mengutamakan kenyamanan dan keselamatan.

5. Penggunaan kontrasepsi

Terdapat berbagai metode kontrasepsi yang bisa menurunkan atau bahkan mencegah kehamilan. Bagi pasangan suami istri yang ingin segera hamil, sebaiknya hindari penggunaan kontrasepsi dalam bentuk apa pun.

6. Terdapat masalah pada organ reproduksi

Meski telah berhubungan dengan cara yang benar dan secara rutin, kehamilan masih akan sulit terwujud apabila organ reproduksi Anda atau pasangan bermasalah.

Dalam hal ini, Anda dan pasangan mesti memeriksakan diri ke dokter agar bisa dicari tahu penyebab utama dan cara terbaik mengatasinya.

Itu dia beberapa penyebab sulit hamil yang berkaitan dengan berhubungan. Cobalah untuk membenahinya perlahan dan bersama-sama dengan pasangan. Semangat ya!(klikdokter)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gema PON XX Papua Harus Didengar di Seluruh Indonesia


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler