Ini 7 Keuntungan Pemasaran Online untuk Bisnis Anda

Rabu, 28 Juli 2021 – 17:48 WIB
UMKM e-commerce. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hampir setiap bisnis zaman sekarang menjalankan kegiatan pemasaran secara online sebagai media inovasi untuk mempromosikan produk atau layanan.

Melansir dari situs thecronutproject.com, berikut ini beberapa keuntungan pemasaran online:

BACA JUGA: Dituding Pelakor, Pesinetron Cantik ini Didepak dari Brand Ambassador Produk Kecantikan

1. Gratis

Cara kerja pemasaran online bermacam-macam. Bisa menggunakan media sosial, e-mail marketing, penulisan, optimalisasi Search Engine Optimization, dan lain-lain.

Pemasaran online yang paling banyak digunakan adalah melalui media sosial dan e-commerce. Yang paling penting, semua kegiatan tersebut bisa Anda lakukan tanpa biaya alias gratis.

BACA JUGA: Benarkah Minum Air Panas Saat Perut Kosong Bisa Bunuh Sel Kanker?

Anda hanya perlu melakukan pengambilan foto produk dengan bagus atau mengemas publikasi layanan dengan menarik dan mengunggahnya di media sosial.

Tak hanya media sosial, Anda juga bisa mempublikasikan ke e-commerce. Caranya tinggal membuat akun dan mendaftarkan toko Anda agar calon konsumen bisa membeli secara online.

BACA JUGA: 12 Jam Kerja, Sebegini Gaji Para Penggali Kubur Covid-19 di TPU Padurenan

Keuntungan pemasaran online memang semuanya gratis, namun bisa juga berbayar. Pemasaran online berbayar bisa Anda lakukan jika ingin hasil yang cukup cepat.

2. Menghemat Biaya

Biaya pemasaran online tentu jauh lebih murah daripada biaya pemasaran offline.

Anda hanya perlu akses internet dan ide-ide menarik untuk memancing calon konsumen menggunakan produk atau layanan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menghemat waktu karena proses pemasaran online bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Tentu ini menjadi keuntungan pemasaran online karena sangat efisien.

3. Akses Tak Terbatas

Kelebihan sistem online juga karena sistemnya yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat bahkan sampai ke ranah internasional, selama ada akses jaringan internet.

Terlebih jika Anda juga melakukan promosi di media sosial.

Anda bisa menggunakan fitur hashtag pada tiap postingan Anda agar setiap orang yang mengakses hashtag itu bisa melihat produk Anda.

4. Komunikasi Berkelanjutan dengan Pelanggan

Keuntungan pemasaran online menawarkan sistem komunikasi berkelanjutan dengan pelanggan secara langsung.

Contohnya saja melalui fitur live chat, direct message di media sosial dan e-commerce, dan juga kolom komentar di setiap postingan media sosial.

Anda juga bisa mengirim broadcast message ke setiap pelanggan dalam jumlah banyak dan secara bersamaan dalam satu waktu.

Banyak kegiatan komunikasi lainnya yang bisa Anda jalin bersama pelanggan secara berkelanjutan jika Anda melakukan pemasaran online.

5. Menciptakan Ketertarikan Masyarakat

Saat Anda mempromosikan bisnis Anda di media sosial, maka sistem media sosial menawarkan kemampuan untuk membaca minat masyarakat melalui kegiatan mereka di media sosial.

Dalam hal ini, Anda harus membuat sajian konten menarik yang sesuai dengan target pasar atau calon konsumen Anda.

6. Kemudahan dalam Targeting dan Perluasan Konsumen

Di antara banyaknya media pemasaran online, media sosial menjadi salah satu primadona bagi pelaku bisnis. Instagram, Facebook, dan Twitter memiliki fasilitas yang dapat membantu Anda dalam menemukan calon konsumen potensial.

Contohnya dengan menggunakan fitur lokasi bisnis Anda, fitur hashtag, fitur stories, hingga iklan berbayar yang lebih akurat.

Banyak sistem di media sosial yang mampu menganalisa kesukaan calon pembeli Anda. Terlebih jika Anda menggunakan Paid Ads atau iklan berbayar di media sosial. Anda bisa mengatur target pasar sesuai kebutuhan Anda.

Dari mulai umur, gender, lokasi, ketertarikan konsumen, dan lain-lain.

Hal ini menjadi keuntungan pemasaran online yang menarik karena bisa mencari target konsumen dengan lebih detail karena Anda sudah memiliki data terkait analisis konsumen untuk bisnis Anda.

7. Mendapat Feedback Secara Langsung

Saat Anda mempromosikan bisnis Anda secara online, Anda bisa mendapat feedback secara langsung melalui jumlah like, siapa saja yang memberi komentar di postingan Anda, dan siapa yang menyimpan dan membagikan postingan Anda.

Anda juga bisa menggiring konsumen Anda untuk memberi review di Google, hal ini berlaku jika bisnis Anda memiliki toko fisik secara offline. Mayoritas masyarakat pun percaya dengan review di Google karena cukup kredibel.

Jadi, jalankan bisnismu dengan baik agar konsumen memberi feedback positif.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AP Boots Hadirkan Sepatu Perlindungan Diri Terbaru untuk Tenaga Medis


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler