Ini Daftar Pemenang Penghargaan Best Managed Companies Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 – 20:30 WIB
Para penerima penghargaan Program Best Managed Companies. Foto: dok Deloitte Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak enam perusahaan swasta terpilih sebagai pemenang program Penghargaan Best Managed Companies Indonesia pada upacara penghargaan di Jakarta baru-baru ini.

Program Best Managed Companies yang diselenggarakan Deloitte Indonesia itu memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan swasta Indonesia terkemuka atas keberhasilan organisasi dan kontribusi mereka terhadap industri dan perekonomian bangsa.

BACA JUGA: Prodi Bisnis Digital ITB PalComTech, Kesempatan Anak Muda Merancang Bisnis Berbasis Teknologi

Perusahaan-perusahaan tersebut yakni PT ACE Hardware Indonesia Tbk di bidang retail, PT Great Giant Pineapple (pemenang 2021) di bidang agrobisnis, PT Indesso Primatama untuk produksi minyak asiri (essential oils), manufaktur bahan kimia aromatic, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk di bidang kesehatan, PT Mowilex Indonesia di bidang manufaktur dan PT Pakuwon Jati Tbk (pemenang 2021) di bidang pengembangan properti.

Perusahaan pemenang terdiri dari peserta baru yang berhasil memenuhi syarat sebagai Best Managed untuk pertama kalinya, serta perusahaan yang telah memenuhi syarat dalam mempertahankan status Best Managed mereka dari tahun ke tahun.

BACA JUGA: Rudi Salim Berencana Bangun Bisnis Taksi Terbang di Indonesia

Best Managed Companies itu merupakan program penghargaan internasional bergengsi yang menerapkan proses evaluasi yang telah terbukti untuk menilai mutu manajemen bisnis di berbagai bidang.

Termasuk yang dinilai adalah strategi, kemampuan dan inovasi, budaya dan komitmen, serta tata kelola dan kondisi keuangan.

BACA JUGA: Bamsoet Dorong Bisnis Penjualan Langsung untuk Bangkitkan Perekonomian Nasional

Diluncurkan di Indonesia pada 2021, evaluasi penghargaan didasarkan pada praktik yang diamati selama lebih dari 25 tahun dari program penghargaan global yang telah diluncurkan di 48 negara di seluruh dunia.

“Masuknya enam perusahaan ini ke dalam daftar pemenang tahun ini, serta kontribusi mereka terhadap komunitas bisnis dan perekonomian Indonesia, mestinya membuat mereka sangat bangga. Perusahaan-perusahaan ini berada di garis depan industri mereka dan telah menunjukkan kreativitas dan inovasi, terutama selama beberapa tahun terakhir. Kami memberikan apresiasi kepada para pemenang Best Managed Companies Indonesia 2022," ujar Claudia Lauw, CEO, Deloitte Indonesia.

 Para peserta program berjuang untuk gelar bergengsi ini dalam proses yang ketat dan independen yang mana keterampilan dan praktik manajemen mereka dievaluasi.

Ini termasuk menganalisis strategi bisnis dan operasi mereka dan membandingkannya dengan kerangka evaluasi yang telah diterapkan pada komunitas yang terdiri dari 1200 perusahaan swasta dengan pengelolaan terbaik di seluruh dunia.

Para pemimpin bisnis kemudian menggunakan proses tersebut untuk mempertajam strategi dan mendapatkan wawasan berharga sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhan bisnisnya.

Para pemenang Best Managed Companies didorong untuk kembali mengikuti program ini setiap tahun agar terus menantang, meningkatkan, dan mengembangkan perusahaan serta mempertahankan status Best Managed Companies.

Para pemenang akan bergabung dengan Best Managed Companies lainnya yang telah mencapai tanda keunggulan bisnis ini, sehingga meningkatkan dan memperbesar kredibilitas merek mereka, dan memperluas kehadiran di pasar.

Selain itu, para pemenang Best Managed Companies ini akan diundang ke simposium regional tahunan dan acara-acara berjejaring.

“Kami terkesan dengan cara perusahaan-perusahaan ini menghadapi tantangan dan menguji strategi dan manajemen operasional mereka. Mereka sangat ingin belajar dari perusahaan-perusahaan swasta lainnya yang telah berhasil dan kini telah bergabung dengan komunitas elit Best Managed Compenies di Indonesia dan 48 negara di dunia. Selamat kepada para pemenang tahun 2022," ujar Roy Tedja, Deloitte Private Leader, Indonesia.

Gregory S. Widjaja, Direktur dari PT ACE Hardware Indonesia Tbk, mengatakan menyambut baik hasil dari program itu.

"Kami senang terpilih sebagai pemenang dalam Deloitte Best Managed Companies 2022, sebuah pengakuan atas praktik manajemen dan bisnis yang progresif. Bergabung dan bertemu dengan para peserta lain memungkinkan kami untuk mendapatkan wawasan tambahan yang tak ternilai pula. Kami berusaha untuk terus memberikan nilai yang lebih baik bagi kehidupan pelanggan, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Panel juri independen yang terdiri dari perwakilan bisnis dan akademisi menentukan pemenang berdasarkan praktik kerja unggulan Best Managed Companies.

Juri tahun ini adalah Profesor Agus Soehadi, Universitas Prasetiya Mulya; Ancella Anitawati Hermawan, Dosen Senior, Jurusan Akuntansi, Universitas Indonesia; dan Claudia Lauw, Country Managing Partner, Deloitte Indonesia. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler