Kalimat Albertus Sumbogo saat Dipanggil ke DPP PDIP, Anda Mungkin Kaget

Senin, 18 Oktober 2021 – 16:08 WIB
Albertus Sumbogo dipanggil ke DPP PDIP karena sikapnya mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Ilustrasi/Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo memenuhi panggilan DPP PDIP setelah dirinya mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024.

Dia mengaku bertemu Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komaruddin Watubun dalam pemanggilan itu.

BACA JUGA: Ditegur DPP PDIP, Albertus Sumbogo Malah Menyiapkan Rencana Besar demi Ganjar

Sumbogo mengaku ditanyai beberapa hal antara lain mengenai alasannya mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

Dirinya kemudian beralasan bahwa dukungan terhadap Ganjar karena alasan kecintaan kepada PDIP dan Megawati Soekarnoputri.

BACA JUGA: Komarudin Watubun Ingatkan Sumbogo PDIP Soal Komitmen Kongres

"Mengapa semua ini saya lakukan? Itu karena cinta saya kepada PDIP dan Bu Mega (Megawati Soekarnoputri, red)," kata Sumbogo melalui layanan pesan, Senin (18/10).

Dalam pemanggilan itu, Sumbogo juga mengatakan bahwa terjadi pilih kasih dari urusan dukungan terhadap tokoh dari PDIP untuk menjadi Capres 2024

BACA JUGA: Berita Duka, Yan Bastian Meninggal Dunia, Kami Berbelasungkawa

"Saya sampaikan kepada beliau (Komaruddin Watubun, red) bahwa saya merasakan ketidakadilan terstruktur terhadap Mas Ganjar," ungkap Sumbogo.

Menurut dia, proses pencarian Capres 2024 dari PDIP terkesan menyenangkan oligarki dan tidak mau mendengar suara rakyat yang menginginkan Ganjar bisa berkontestasi pada Pilpres 2024.

"Saya sampaikan perasaan saya bahwa saat ini sedang terjadi proses oligarki kekuasaan yang sedemikian mengerikan di PDIP, padahal hal seperti itu yang kami perangi tatkala ditindas oleh rezim Orde Baru," beber dia.

DPP PDIP memanggil Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo lantaran mendeklarasikan kelompok sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pengurus pusat partai berlambang banteng moncong putih itu mengingatkan PDIP memiliki komitmen berdasarkan keputusan Kongres untuk menunggu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memilih calon presiden dan calon wakil presiden.

“Kami panggil untuk klarifikasi yang bersangkutan," kata Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komaruddin Watubun dalam keterangan yang diterima, Jumat (15/10).

Menurut dia, PDIP telah mengamanatkan soal capres-cawapres diputuskan sepenuhnya oleh Megawati.

DPP PDIP juga sudah menginstruksikan dan kerap mengingatkan agar kader partai tak terlibat dalam deklarasi-deklarasi kelompok sukarelawan capres-cawapres.

“Ketentuan ini berlaku untuk seluruh kader partai,” kata Komaruddin.

Lebih lanjut, Komaruddin mengatakan semua kader dan pengurus partai terikat mutlak dengan keputusan Kongres. Oleh karena itu, setiap kader PDIP, termasuk publik untuk bersabar menunggu keputusan akhir. Sebab keputusan mengenai capres-cawapres memerlukan proses kontemplasi.

“Tentu jika tak melaksanakan aturan, akan didisiplinkan,” kata Komaruddin. (ast/jpnn)


Redaktur : Soetomo
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler