Ini Kiat Tetap Bugar saat Menopause

Kamis, 29 Mei 2014 – 21:03 WIB

jpnn.com - SURABAYA – Susah tidur, kulit kering, moody, fisik tidak lagi aduhai, rontok, dan bermasalah dalam hubungan seksual adalah beberapa problem yang dialami perempuan saat menopause.

Membiasakan pola pikir dan hidup sehat ternyata dapat membantu tubuh meminimalkan permasalahan seputar kondisi yang pasti dialami setiap perempuan tersebut.

BACA JUGA: Ingin Panjang Umur? Makan Saja Kari Pedas

Di Indonesia, awal menopause dialami pada usia 47 tahun hingga 49 tahun. Prof dr H Soehartono Ds SpOG KFER, spesialis obstetri RSUD dr Soetomo, menuturkan, meski menopause merupakan suatu proses alami tubuh, ada cara untuk menghindari dampak perubahan kondisi tersebut.

Dia  menjelaskan, seharusnya menopause tidak menjadi momok. Perempuan bisa terhindar dari masalah itu bila selalu memiliki pikiran yang positif dan tetap aktif berkegiatan. ’’Menopause harus dianggap sesuatu yang alami. Jadi tidak perlu takut,’’ jelasnya.

BACA JUGA: Kolesterol Tinggi Bisa Hambat Kehamilan

Berpikir optimistis juga akan memberi semangat dan energi baik. Dengan begitu, tubuh senantiasa fit dan bugar. Soehartono menyatakan bahwa kondisi tersebut dapat diatasi lewat terapi sulih hormon.

Saat menopause, hormon estrogen akan berkurang. Memberikan tambahan estrogen ke tubuh bakal mengurangi keluhan yang terjadi.

BACA JUGA: Hati-hati Informasi Kesehatan di Wikipedia

Selain itu, olahraga dan menyantap makanan bergizi bisa mengurangi keluhan terkait dengan menopause. Aktivitas gerak telah terbukti membuat tubuh bugar dan segar. Hal yang sama berlaku ketika menopause. Olahraga membawa dampak baik agar fisik tetap indah dan sehat.

Makanan yang cocok dikonsumsi pada usia tersebut adalah tumbuhan yang mengandung phytoestrogen. Yakni, zat pada tumbuhan yang kandungannya mirip estrogen. ’’Kedelai merupakan salah satu yang baik bagi perempuan menopause. Makin baik jika kedelai dimasak dengan cara steam setengah matang,’’ terangnya.

Ketua Rotary Club Surabaya Kaliasin Asna Taufik mengungkapkan, pada usianya yang lebih dari setengah abad, hampir tidak pernah dirinya merasakan masalah yang mengiringi menopause. ’’Mungkin karena sering beraktivitas dan selalu positive thinking,’’ katanya. (bir/c14/ayi)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Masuk Toilet Jangan Langsung Duduk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler