Ini Lho Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 08 Agustus 2016 – 02:43 WIB
ILUSTRASI. FOTO: laman Sheknows

jpnn.com - Kunyit termasuk dalam tanaman rempah-rempah yang masih satu keluarga dekat dengan jahe(rhizomatous). Keduanya dimanfaatkan rimpangnya untuk berbagai keperluan, termasuk pengobatan alami.

Kunyit ada dalam keadaan segar utuh yang dijual di pasar serta dalam bentuk bubuk kunyit di toko bahan makanan atau kue. Kunyit memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas, serta bau yang tajam karena adanya zat yang disebut curcumin.

BACA JUGA: Hari Hijaber Nasional ‎Diharapkan Bisa Menginspirasi Muslimah

Senyawa kurkumin ini adalah yang menyebabkan warna kuning oranye pada kunyit dan yang paling diyakini paling berkhasiat bagi kesehatan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kurkumin dari kunyit juga dipercaya baik untuk digunakan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah.

BACA JUGA: Mengintip Serunya Bermain Sambil Belajar di KidZania dan Mosh! Sentosa

Homeopati yang terkandung dalam kunyit bisa digunakan sebagai perawatan rambut alami, bahkan bisa digunakan sebagai pewarna rambut untuk meringankan dan mencerahkan rambut Anda. Pewarna alami ini adalah bahan yang sering dalam industri tekstil, cat dan pewarna lain juga.

Salah satu perkembangan yang paling menarik dari penelitian tentang kunyit adalah pengobatan kanker usus besar dengan kurkumin (diferuloylmethane), yang merupakan bahan aktif dalam kunyit.

BACA JUGA: Pernikahan tak Bahagia, Penyakit Ini Bisa Timbul

Kunyit benar-benar menghambat pertumbuhan kanker dan proliferasi dengan menghambat protein sinyal dan memblokir promosi sel tumor.

Jadi apa yang membuat kunyit begitu berharga untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut ini adalah penjelasannya, seperti dilansir laman Sheknows, Kamis (4/8).

1. Kunyit adalah anti-bakteri, anti-septik dan memiliki sifat anti-inflamasi.

2. Kunyit memiliki aktivitas antioksidan yang kuat karena adanya kurkumin.

3. Kunyit bisa dijadikan sebagai pasta yang membantu mengendalikan produksi sebum kunyit di kulit berminyak yang membantu mengatasi jerawat.

4. Mirip dengan lavender, kunyit membantu penyembuhan luka dengan membantu perkembangan sel baru.

5. Dalam konsentrasi tinggi, kunyit bisa membantu mengangkat sel kulit mati melalui pengelupasan kulit.

Bereksperimen dengan kunyit dengan menggunakan salah satu resep berikut untuk perawatan kulit berbasis alam nyata.

1. Masker wajah

Campur 1/4 - 1/2 sdt bubuk kunyit dengan yogurt Yunani tanpa rasa. Oleskan ke wajah dalam lembut, gerakan ke atas selama 15 sampai 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Alih-alih yoghurt, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya, jus mentimun atau zaitun dan minyak almond manis. Minyak esensial kunyit akan memberikan nuansa halus ketika dicampur dalam produk ini dan hanya sejumlah kecil diperlukan.

2. Krim malam

Campur 1/4 - 1/2 sendok teh dengan 2 ons krim wajah susu kambing. Aduk rata dan pijat.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fakta Makanan Olahan yang Harus Jadi Catatan Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler