Ini Lho Tips Memperluas Koneksi

Senin, 10 Oktober 2016 – 02:27 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Al-Arabiya

jpnn.com - Koneksi merupakan unsur penting dalam karir dan perluasan bisnis. Tidak semua orang mudah mendapatkan jaringan/koneksi. Sebenarnya kunci dari koneksi atau networking adalah mengambil inisiatif.

Tidak peduli seberapa cintanya Anda terhadap pekerjaan yang Anda miliki, Anda harus selalu mencari cara untuk memperluas koneksi Anda. Karena idealnya, kontak Anda akan mengikuti Anda dari posisi ke posisi.

BACA JUGA: Bersama MINIMAL dan Love Pink, Ayo Peduli Kanker Payudara

Untuk membantu Anda memperluas jaringan Anda, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti, seperti dilansir laman Al-Arabiya, Rabu (5/10).

1) Dapatkan kejelasan tentang apa yang Anda inginkan

BACA JUGA: Gigi Kamu Sudah Bersih dan Sehat? Yakin?

Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik dalam pikiran untuk jaringan koneksi Anda. Apa yang ingin Anda capai? Apakah untuk berteman dengan orang-orang dari usia yang sama dengan minat yang sama?

Apakah untuk mengeksplorasi peluang karir potensial di pasar? Sespesifik mungkin. Semakin spesifik Anda, maka semakin jelas arah, tujuan dan pendekatan Anda akan lebih efektif.

BACA JUGA: Waspada! Anda Bisa Saja jadi Penderita Infeksi Saluran Kemih

2) Mengambil pendekatan yang ditargetkan

Jaringan/koneksi paling efisien ketika ditargetkan. Pikirkan tentang siapa saja orang yang Anda ingin temui (orang atau perusahaan) dan kemudian bertanya pada diri sendiri. "Di mana saya paling mungkin untuk bertemu dengan mereka?.”

Anda melakukan penelitian dan mencari tahu sebanyak mungkin tentang mereka. Kemudian berpikir tentang apa konferensi, pameran, acara networking, kegiatan sosial atau olahraga yang mereka mungkin hadiri.


3) Mulailah dengan jaringan yang ada

Beritahu jaringan Anda tentang tujuan Anda dan memberi mereka instruksi yang jelas tentang bagaimana mereka bisa membantu Anda.

Menawarkan teman satu tugas minuman / kopi / makan siang / malam / penitipan bayi sebagai imbalan atas bantuan mereka dan terus meminta mereka untuk update.

4) Mengatur tujuan yang jelas untuk setiap acara

Sebelum Anda pergi ke acara networking, hal pertama adalah untuk mengatur tujuan Anda. Apa hasil yang Anda inginkan dari acara tersebut? Memilih sesuatu yang 100 persen dalam kendali Anda sehingga Anda tahu Anda akan mencapainya.

5) Tawarkan untuk membantu mereka

Semua orang menghadiri acara networking karena suatu alasan. Cari tahu apa yang ingin mereka capai dengan menghadiri dan Anda kemudian mencari cara Anda agar bisa membantu mereka.

6) Mencari tahu tentang jaringan Anda

Networkers yang baik adalah mereka yang tahu bagaimana membangun hubungan dan kepercayaan. Mereka tahu bagaimana untuk terhubung dengan orang lain. Networkers yang baik membangun koneksi dengan sepenuhnya terlibat dengan orang-orang dan mengambil minat yang tulus pada orang lain.

Cari tahu apa yang membuat mereka tergerak dan apa kepentingan bersama yang Anda miliki dan menggunakan itu sebagai dasar yang kuat untuk koneksi yang besar.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Destinasi Bromo Tengger Semeru Digeber Event Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler