Ini Pentingnya Si Kecil Berekeksplorasi dengan Nyaman

Kamis, 01 Agustus 2024 – 10:46 WIB
Narasumber memberikan edukasi pentingnya kebebasan bereksplorasi yang nyaman pada si kecil untuk stimulasi perkembangannya. Foto: dok. Makuku

jpnn.com, JAKARTA - Masalah kesehatan kulit, seperti ruam popok dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel, yang akhirnya membuat mereka malas bergerak.

Ketidaknyamanan ini mengakibatkan bayi cenderung kurang aktif dan menghambat perkembangan motoriknya.

BACA JUGA: Rayakan HUT Ke-2, MAKUKU Hadirkan Beragam Program Menarik

Padahal, gerakan aktif seperti merangkak, berguling, dan berjalan sangat penting untuk perkembangan otot dan koordinasi bayi.

Kekurangan aktivitas fisik di masa-masa awal pertumbuhan ini dapat berdampak negatif pada kemampuan motorik si kecil di kemudian hari.

BACA JUGA: Redakan Ruam dan Gatal dengan 7 Pengobatan Alami Ini

Melihat pentingnya kebebasan bereksplorasi yang nyaman pada bayi untuk stimulasi perkembangannya, Makuku mengadakan Kids Festival Spesial Hari Anak Nasional bertema 'Bebas Bereksplorasi, Si Kecil Berani Coba'.

Kegiatan bersama Mommils Birth Club Community, komunitas ibu hamil dan postpartum, itu diselenggarakan di Pororo Park Indonesia pada Kamis (31/7).

BACA JUGA: Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi

"Acara ini dapat mengedukasi para orang tua dalam memberikan perawatan terbaik demi menunjang kesehatan kulit dan kenyamanan anak terutama dalam menekan risiko ruam popok," kata Titi Nurmalasari, Head of Communications Makuku Indonesia, dalam keterangannya, Kamis (1/8).

Menurut Titi, perkembangan anak melibatkan berbagai tahapan pertumbuhan yang saling berhubungan.

Untuk melewati proses tersebut, orang tua seringkali dihadapkan oleh beberapa tantangan seperti bagaimana cara efektif mendukung si kecil mencapai perkembangan yang optimal.

"Dengan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemilihan popok yang tepat dan rutin menggantinya dua sampai tiga jam sekali atau sesering mungkin sesuai anjuran IDAI, diharapkan anak-anak dapat bergerak dengan nyaman tanpa risiko ruam popok yang mengganggu," paparnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler